Detak-Palembang.com LAMPUNG BARAT – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melepas Armada Pendistribusi Beras Sejahtera (Rastra) 2018 dalam acara Launching Program Subsidi Rastra bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Tingkat Kabupaten Lambar di halaman Kantor Bupati Lambar, Selasa (13/02).

Hadir pada kegiatan itu, Kepala OPD Lambar. Anggota DPRD Lambar, Unsur Forkopinda, Unsur Muspida, Camat, Peratin dan undangan Lainnya.

Dalam Sambutan Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan pelaksanaan kebijakan membantu masyarakat pra sejahtera, terus dilanjutkan, secara intensif mulai dari pusat, Pemprov  dan kabupaten kota, termasuk di Kabupaten  Lampung Barat. Salah satu kebijakan pemerintah itu adalah Pendistribusian Beras Sejahtera (Rastra) untuk rumah tangga pra sejahtera, yang selama ini kita kenal dengan sebutan Beras Miskin (Raskin). Bansos rastra ini merupakan upaya pemerintah dalam menetapkan kebijakan transformasi program subsidi raskin menjadi program bantuan sosial beras sejahtera.

Selanjutnya Rastra merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan tentang bantuan dan perlindungan sosial yang bersinergi dengan program pembangunan lainnya seperti peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan.  Disamping itu rastra bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin dalam pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok yang merupakan salah satu hak dasar masyarakat.

”Saya berharap semua pihak yang terkait benar-benar memperhatikan hal-hal sebagai berikut  patuhi petunjuk pelaksanaan distribusi rastra untuk rumah tangga pra sejahtera ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Dalam launching bansos rastra Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 ini, mudah-mudahan program bansos rastra ini berjalan sebagaimana yang diharapkan, dimulai dengan baik dan seterusnya juga akan baik, serta dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. semoga ditahun-tahun mendatang penerima bansos rastra di kabupaten lampung barat ini semakin sedikit, karena semakin sedikit semakin baik artinya kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

”Dengan harapan kepada segenap pihak dan instansi terkait untuk bekerja secara cermat, antisipatif dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam pendistribusian rastra di Lambar.

“Insya allah distribusi Rastra Kabupaten Lambar  ini akan lebih baik dari tahun–tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dalam laporannya ketua Panitia Ronggur L. Tobing S.IP.,  mengatakan, Bansos Rastra ini diberikan kepada KPM Sebanyak 20.791 KK Yang Tersebar Di 15 Kecamatan ,131 Pekon  Dan 5 Kelurahan, Selanjutnya Distribusi Rastra Untuk 1 bulan yakni untuk bulan januari  kepada 20.791 KPM atau 207 Ton  910 kilo.

Selanjutnya dasar dari kegiatan tersebut adalah instruksi Presiden No 5 Tahun 2015 tentang kebijakan pengadaan gabah atau beras dan penyaluran beras oleh pemrintah, keputusan menteri social No 4 HUK/2018 tentang penetapan keluarga penerima manfaat dan tahap penyaluran bantuan social beras sejahtera dan bantuan pangan non tunai tahun 2018. Surat Menteri Dalam Negeri No 511.1/9087/SJ. Kepada Bupati Atau Walikota Tentang Pelaksaaan Program Rastra Dan BPNT 2018 Dan Pedoman Umum Bantuan Social Beras Sejahtera Tahun 2018.

Kemudian tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat  (KPM) melalui pemberian bantuan social berupa beras berkualitas medium kepada  KPM dengan jumlah atau kuantum 10 KG setiap bulan tanpa dikenaan harga atau biaya tebus.

“Mekanisme pelaksaan social rastra ini diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada peserta  bansos yakni tim organisasi rastra kabupaten Lambar ,Camat, lurah dan peratin , TKSK, Koordinator PKH,” jelasnya.