Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Pelantikan Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota terpilih pada Pilkada serentak 27 Juli 2018 yang lalu akan dilaksanakan paling lambat bulan September 2018 sesuai Telegram dari Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakan Darul Effendi, Pelaksana Tugas Kepala Biro Otonomi Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Plt Karo Otda Prov Sumsel) sesuai telegram dari Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Otonomi Daerah, yang diterimanya pada tanggal 3 September 2018 paling lambat bulan September 2018, Kepala daerah terpilih sudah dilantik.

“Pelantikannya bisa antara tanggal 1 sampai dengan 30 September 2018, bisa tanggal 18, bisa tanggal 19. Kalau pelantikannya sebelum tanggal 20 September maka akan dilantik oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Kalau lewat dari tanggal 20 September akan dilantik oleh PJ, PLH atau Gubernur baru,” ujarnya di ruang kerja, Senin (10/09).

Lanjutnya, akan ada 7 Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota terpilih yang akan dilantik. Dari 7 Walikota/Bupati tersebut 5 diantaranya sudah mempunyai Surat Keputusan (SK), 4 Bupati/Walikota dan satu Penjabat (PJ) serta 2 masih dalam proses pembuatan SK di Kementerian Dalam Negeri.

“Bupati/Walikota yang sudah selesai SK nya adalah Walikota/Wakil Walikota Prabumulih, Walikota/Wakil Walikota Lubuk Linggau, Walikota/Wakil Walikota Pagaralam dan Bupati/Wakil Bupati  Empat Lawang,” katanya.

PJ untuk Kabupaten Lahat, karena Bupati menjadi caleg sementara masa jabatannya sampai 7 Nopember 2018 maka Wakilnya naik menjadi PJ Bupati. Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota terpilih yang dalam proses pembuatan SK nya adalah Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang serta perbaikan untuk Kabupaten Muara Enim karena salah ketik.

“Keterlambatan proses pembuatan SK Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota dari ketiga daerah tersebut karena terlambat usulannya, menunggu selesai sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk Banyuasin dan Kota Palembang,” ucapnya.

Ia menyampaikan, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota dari tiga daerah yang belum SK nya karena dalam proses, kemungkinan pelantikannya bersamaan dengan 5 Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota yang SK nya sudah selesai.

“Bisa dilantik secara bersamaan bila SK nya selesai dalam waktu dekat. Karena prosesnya sudah di Mendagri tinggal ditandatangani, dalam satu atau dua hari sudah selesai,” tutupnya.