Detak-Palembang.com BATURAJA – Menteri Perhubungan RI, H Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Bupati OKU Drs  H Kuryana Aziz. Menjadi narasumber pada  Dialog Nasional 39 Indonesia Maju yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Baturaja Kabupaten OKU, Sabtu (2/2).

Kehadiran Menhub dan Gubernur Sumsel di Gor Baturaja kali ini didampingi Duta Literasi Sumsel Hj Percha  Leanpuri, Bupati OKU Drs Kuryana Aziz dengan iringan tari sekapur sirih. Disaksikan lebih dari 1000 orang peserta dialog yang terdiri dari  berbagai komunitas masyarakat, civitas akademika dari Kabupaten OKU dan OKU Timur.

Dialog kebangsaan Indonesia Maju dipandu moderator Cek Ita Husni. Dimana dalam dialog ini dikupas sejumlah program yang telah direalisasikan oleh Pemerintah Pusat  dibawah pemerintahan Jokowi-Jk dalam empat terakhir.

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi sejumlah proyek pusat yang telah di bangun di Sumsel. Diantaranya kereta api listrik ringan atau LRT. Selain itu pembangunan jalan tol di Indonesia lebih dari 1000 km jalan tol. Untuk Sumsel jalan tol Palindra sudah selesai. Selanjutnya tol Betung-Muba dalam waktu dekat akan difungsikan.

“Jadi isu pemerintah tidak memperhatikan pembangunan di Sumsel itu tidak benar. Buktinya kota Palembang  saat ini menjadi lokasi acara dengan kaliber dunia,” imbuh Menhub.

Bukan itu saja lanjut Menhub untuk pembangunan di pedesaan sudah banyak proyek yang menyentuh langsung masyarakat. Seperti embung desa. Serta dana bantuan PKH bagi keluarga tidak mampu.

“Belum lagi harga BBM di Indonesia merata. Kalau dulu di Papua satu liternya 60 ribu. Kini harganya sama dengan harga yang ada di luar Papua,” tandasnya.

Gubernur  Sumsel H Herman Deru  menyatakan Sumsel merupakan daerah yang berhasil menjaga inflasi tidak lebih dari 2 koma saja. Kondisi ini merupakan dampak dari lancarnya distribusi transportasi.

“Kalau dulu Baturaja-Palembang delapan jam.kini hannya empat jam. Karena aku sudah izin pada menteri dan presiden. Agar lalulintas batubara di stop,” ucap Herman Deru.

Sedakan untuk harga karet.Gubernur menjelaskan upaya meningkatkan pendapatan petani karet di Sumsel. Dirinya  meminta agar biaya produksi ditekan.

“Menekan biaya produksi. Dengan bantuan asam semut. Serta subsidi pupuk. Dan pemberian bantuan alat ukur kadar air karet,” papar Gubernur.

Hal ini juga dibenarkan juga oleh Bupati OKU kondisi harga sembako di Kab. OKU stabil. Kuryana juga minta kepada Menhub agar disampaikan ucapan terima kasih pada Presiden atas bantuan yang telah dikucurkan pada masyarakat OKU selama ini.

“Sampaikan ucapan terima kasih kepada presiden atas bantuan mobil untuk sarana transportasi untuk pedesan. Kalau bisa tolong ditambah,” ujar Kuryana.

Dalam dialog kebangsaan ini para narasumber bedialog langsung dengan perwakilan peserta seputar program dan keberhasilan pemerintahan Jokowi-Jk.

Dimana setiap yang mampu menjawab dengan benar diberikan hadiah berupa laltop dan aneka alat elektronik lainnya.

Dibagian akhir dialog Menhub mengajak seluruh masyakat di Sumsel untuk menjaga bangsa ini agar tetap hebat dan maju.