Detak-Palembang.com – PALEMBANG, – Badan Pengurus Cabang Perhimpunan Hubungan Masyarakat Palembang (BPC Perhumas Palembang) periode 2022-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan. Pelantikan dan pengukuhan langsung dilakukan Ketua Umum Perhumas Indonesia, Boy Kelana Soebroto MCIPR di Hotel OPI Indah, Jakabaring, Palembang, Sabtu (29/10).

Dalam sambutannya, Boy menerangkan, semua anggota Perhumas punya tugas membangun hubungan baik dengan para pemangku kepentingan. “Bisa juga dengan adik-adik Perhumas Muda sebagai calon leaders of tomorow sehingga dapat terus berkelanjutan,” ungkapnya.

Boy menambahkan, Perhumas akan merayakan hari ulang tahun emas, 50 tahun Perhumas pada 15 Desember 2022. “Usia yang mungkin bukan muda lagi. Usia yang cukup panjang perjalanan Perhumas sejak 1972 hingga hari ini,” kata dia.

Pada 50 Tahun Perhumas, kata dia, mengambil tema “Inspirasi Indonesia untuk maju Bersama”.  “Ini merupakan tahun istimewa. Semua punya pekerjaan rumah (PR) untuk sama-sama meningkatkan kompetensi humas di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Boy juga melihat tingginya minat Perhumas Muda saat ini. Calon pemimpin yang harus memperjuangkan peningkatan kompetensi profesi humas seluruh Indonesia. Menjadi barometer dan integrator berbasis kompetensi yang menjaga reputasi Indonesia. “Harapan kami, semua bisa berkolaborasi dengan BPC (Badan Pengurus Cabang) lainnya di Indonesia dan BPP (Badan Pengurus Pusat) Perhumas yang akan melancarkan tujuan bersama,” sarannya.

Dalam paparannya saat workshop Jurnalistik dan Kehumasan, Boy menguraikan, begitu banyak channel untuk berkomunikasi. Lantas, bagaimana humas menciptakan trust, truth, transparency dalam berkomunikasi melalui media massa. “Saring informasinya dulu, kemudian cari data. Tidak mungkin (humas) menyampaikan informasi kepada publik tanpa data yang lengkap,” terangnya.

Kalau tidak bisa disampaikan, jelas Boy, bilang saja belum bisa jawab. “Sering ada pihak yang dihubungi menghindar dari (wartawan) media. Takut salah ngomong. Kalau tidak diberikan konfirmasi, (wartawan) media akan menyampaikan informasinya sendiri,” ungkapnya.

Juru bicara BPC Perhumas Palembang, Regita Dita Rifanni SIKom mengatakan, Dr Desy Misnawati MIKom resmi menjabat Ketua BPC Perhumas Palembang periode 2022-2025 berdasarkan SK No 014/SK/BPP/X /2022 tanggal 29 Oktober 2022. Selain pelantikan dan workshop, lanjut Regita, BPC Perhumas Palembang juga memberikan penghargaan kepada mitra yang paling loyal. Di samping itu, juga digelar Lomba Simulasi Konferensi Pers Tingkat Mahasiswa.

Simulasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan Prasasti Palembang Menuju 50 Tahun Perhumas 2022. Dikatakannya, ada 22 kelompok kerja (pokja), terdiri dari 200 orang mahasiswa. Selanjutnya, kelompok peserta diverifikasi menjadi 10 besar.

“Lomba yang digelar sangat baik dan bermanfaat untuk mahasiswa. Dengan melakukan simulasi konferensi pers, mereka jadi lebih tahu bagaimana cara menyampaikan informasi oleh organisasi atau individu. Narasumber mengundang wartawan serta perwakilan media massa datang untuk meliput. Harapannya agar berita disiarkan seluas-luasnya,” ujarnya.

Publikasi informasi melalui simulasi ini, kata Regita, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran. “Dengan simulasi ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan saat di dunia kerja nanti,” harapnya.

Mengenai penilaian, berdasarkan isu dan pesan inti/pesan kunci (key message), ide/gagasan, kedalaman materi, data dan fakta pendukung, penguasaan bahan sesuai tema, kerja sama dan kesolidan tim. Tampil sebagai juara I yakni Pokja 7 dengan skor 85. Juara II Pokja 9 dengan skor 83 dan juara III Pokja 2 dengan skor 75. (rel)