Detak-Palembang.com JAKARTA – Managing Director International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde, diajak blusukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke dua tempat, yaitu Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dan Pasar Tanah Abang pada hari pertama kunjungan ke Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, mereka berbincang tentang berbagai hal, mulai dari kegiata mikro ekonomi Indonesia sampai Annual Meeting IMF-World Bank 2018 di Bali.

Kepala Unit Kerja Pertemuan Tahunan IMF- WB 2018, Peter Jacobs menuturkan, Jokowi sempat memperlihatkan mengenai pelayanan kesehatan di Tanah Air ketika mengunjungi RSPP, seperti menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Ketika masuk ke Tanah Abang, mereka berbincang-bincang tentang pemerintah Indonesia yang menata pasar dan pergerakan mikro ekonomi. Ternyata Pasar Tanah Abang menurut pengamatan Lagarde telah terfasilitasi dengan bagus,” tutur dia di acara Media Briefing Bank Indonesia Bareng Media (BBM), Jakarta, Senin (26/2).

Selain itu, mereka juga bercakap tentang berbagai hal, mulai dari perkembangan ekonomi terkini hingga prospek ekonomi Indonesia ke depan.

“Perekonomian Indonesia terus terbukti tangguh dengan kinerja ekonomi dan prospek yang baik. Saya memuji Presiden dan timnya mengenai manajemen ekonomi mereka yang sukses,” ucap Lagarde, seperti dikutip dari laman imf.org.

Jokowi dan Lagarde juga membahas pentingnya mencapai potential growth yang lebih tinggi untuk bantu menciptakan lapangan kerja bagi angkatan kerja yang kini sedang tumbuh. Lagarde menyampaikan, hal itu membutuhkan sumbangsih pendapatan negara untuk membiayai pengeluaran pembangunan, serta mendukung reformasi di pasar tenaga kerja dan keuangan.

IMF-World Bank Annual Meeting di Nusa Dua, Bali, juga tak luput dari bahan pembicaraan mereka. Tak lupa Lagarde mengapresiasi kepada pihak berwenang atas kerja samanya.

“Kita terus memantau perkembangan terakhir aktivitas Gunung Agung, agar bisa bergerak maju seperti yang sudah direncanakan untuk mengadakan Annual Meeting yang sukses di Bali,” pungkas dia.