Detak-Palembang.com PALEMBANG – dua kawanan bobol rumah yakni Jamal (47) bersama Toni (20) diringkus Unit Reskrim Polsek Kertapati Palembang. Keduanya ditangkap, lantaran membobol rumah tetangganya sendiri dan berhasil membawa kabur sepeda motor korban.

Kapolsek Kertapati Palembang AKP I Putu Suryawan mengatakan tertangkapnya pelaku bermula dari laporan masyarakat yang masuk ke pihaknya dan tindak lanjuti oleh anggotanya dengan melakukan penyelidikan.

“Setelah kita lakukan penyelidikan, berhasil mengantongi identitas pelaku dan langsung kita amankan di kediamannya. Saat ini keduanya sedang menjalani pemeriksaan oleh anggota kita,” ujar Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu M Uzir.

Modus yang dilakukan oleh kedua tersangka ini, yakni tersangka T mematikan lampu rumah korban, barulah selanjutnya. Tersangka J melancarkan aksinya dengan cara merusak kuci rumah korban dengan menggunakan linggis, dan membawa sepeda motor korban.

“Kedua tersangka ini merupakan spesialis, karena sudah tiga kali melakukan aksi pencurian didalam ruamh. Atas ulahnya kedua tersangka akan dikenakan pasal 363 dengan ancaman 5 tahun pidana,” tegasnya.

Sementara itu, tersangka Toni mengakui perbuatannya. Ia mengungkapkan mendapatkan upah sebesar Rp200 ribu. “Tugas saya hanya menjaga di luar. Dia yang mengajak saya pak. Saya hanya diberikan upah sebesar Rp200 ribu,” terangnya.

Disisi lain, tersangka Jamal membantah dirinya terlibat aksi pencurian itu. Ia menyebutkan, ketika kejadian dirinya sedang santai di rumah. “Sumpah bukan saya, saya tidak tahu menahu. Toni itu sembarangan menuduh saya. Saya saja tidak bisa bermotor,” kilahnya.