Detak-Palembang.com PALEMBANG –  Dalam bulan suci Ramadhan selain berpuasa menahan lapar dan minum, banyak hal yang dapat dilakukan seperti membaca   AL Quran, melakukan kegiatan agama lainnya. Dalam hal ini  Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin  mengadakan acara yang bertajuk Kuliah Ramadhan (Kurma).

Acara yang telah diagendakan (BKPRMI) Kecamatan Suak Tapeh selama bulan suci Ramadhan  dari tahun sebelumya, yang melibatkan seluruh  Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) se- Kecamatan Suak Tapeh dan para ustadz dan ustazah.

Acara yang diadakan di Masjid Jamik Desa Lubuk Lancang yang diagendakan pada hari Ahad selama bulan suci ramdhan, serta acara tersebut di isi dengan ceramah agama dan tausiah seputar Bulan Suci Ramadhan, Minggu (20/5).

Ketua DPK (BKPRMI) Kecamatan Suak Tapeh  Usatadz Amir dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana seribu bulan lain tiada cukup dijadikan sandingannya.

“Bulan yang di dalamnya dilipatgandakan pahala tentu kaum muslimin tidak ingin rugi dalam meraup “keuntungan” dalam bentuk amal yang berlipat ganda, salahsatunya dengan acara yang bermanfat serta mendatangkan ridho Nya Allah Ta’ala seperti acara Kurma ini, “ jelasnya

Al-Qur’an dengan jelas menyatakan bahwa tujuan dari puasa adalah ketaqwaan,la’allakum tattaqun. Sehingga menahan diri dari lapar bukanlah tujuan utama puasa, banyaknya orang yang beranggapan berpuasa hanya sebatas menahan Kedua hal ini sudah diketahui oleh Rasulullah sejak zaman dulu dan memberikan peringatan melalui hadist “Banyak diatara orang yang berpuasa tidak memperoleh sesuatu dari puasanya, kecuali rasa lapar dan dahaga,” tambahnya.

“Semoga Ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya serta acara yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini nantinya dapat bermanfaat serta melahirkan nilai-nilai ketaqwaan, nilai-nilai persaudaraan, kesabaran dan kejujuran,” harapnya.