Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pernikahan merupakan gerbang kehidupan baru bagi calon pengantin. Agar calon pengantin lebih mengetahui kehidupan setelah Ijab Qabul, Kantor Urusan Agama (KUA) memberikan pengetahuan tentang kehidupan berkeluarga setiap minggunya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Kakanwil Kemenag Sumsel) M.Alfajri Zabidi memberikan bimbingan langsung untuk mengedukasi kepada 25 calon pengantin di Aula KUA Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Rabu (08/11).

“Bimbingan kepada calon pengantin merupakan tugas pokok dari penghulu. Bimbingan merupakan kegiatan rutin kami lakukan,” jelasnya.

Lanjutnya, pengarahan dan bimbingan kepada calon pengantin agar tidak terjadi lagi kejadian di Kecamatan Laos beberapa waktu lalu. Selain itu bimbingan ini diefektifkan agar KUA termotivasi memberikan bimbingan kepada calon pengantin.

“KUA harus menjalankan ini agar calon pengantin dapat menjalankan pedoman yang diberikan. Calon pengantin dapat pembelajaran mengenai hak dan kewajibannya sebagai suami/istri,” ungkapnya.

Pada kegiatan yang sama, Kepala KUA Ilir Timur II, M.Sueb mengatakan bahwa pihaknya rutin melakukan bimbingan setiap hari Rabu, menjelang akad nikah.

“Kami himbau calon pengantin untuk mengikuti bimbingan yang diberikan. Karena ini sifatnya himbauan kadang yang datang hanya beberapa pasangan saja,” katanya.

Dikeramatkan Ilir Timur II setiap ikannya ada 100 pasangan yang melakukan perbikahan. Bimbingan ini sangat berguna agar calon pengantin dapat menjalani kehidupan berumah tangga sesuai dengan norma dan tuntunan agama.

“Mengajarkan etika hidup berumah tangga, etika suami dan istri dengan harapan agar keluarga sakinah mawaddah warohmah,” lanjutnya.