Detak-Palembang.com PALEMBANG – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Melalui  Bawaslu sumsel akan melakukan seleksi penerimaan Calon anggota bawaslu kapubaten kota se-Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini menindak lanjuti berlakunya UU No. 7 tahun 2017 tentang Bawaslu. Pengumuman ini penerimaan ini akan diumumkan besok 22 Juni 2018.

“Berkas pendaftaran seleksi calon anggota bawaslu daoat diambil di sekretarian bawaslu kabupaten kota masing masing. Penyerahan berkas pendaftran pendaftaran dilakukan tanggal 28 Juni sampai dengan 4 Juli 2018,” ujar Prof. Idawan syahri ketua Timsel 1, disela rapat pertama timsel yang membahas langkah langkah starategi dan sosialisi ke masyarakat berbagai daerah untuk penerima calon anggota Bawaslu se-Sumsel, Kamis (21/06) do Hotel Exelton Palembang.

Disampaikan Prof Indawan, Timsel mulai besok akan melakukan sosialisasi ke daerah dengan pembagian tugas sesuai cluster kewilayan. Timsel sendiri dibagi dalam empat cluster yakni

  1. Cluster Baturaja, Kabupaten OKU, OKU Selatan, OKU Timur.
  2. Cluster Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, Kabupaten Pali dan kota Prabumulih.
  3. Cluster Palembang, Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komring Ilir, Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin.
  4. Cluster Lubuk Linggau, kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi tawa, Kabupaten Musi Tawas Utara, kita Pagar Alam dan kabupaten Empat Lawang.

“Pelaksanaan sosialisasi tanggal 25 Juni  Senin nanti tim bergerak serentak. Sosialisasi sendiri tentang aturan persyaratan secara umum untuk menyaring sebanyak mungkin peserta calon anggota bawaslu Kabupaten kota,* ujarnya.

Ditempat yang sama DR. Mada Apriadi Zuhir SH, MCL ketua tim seleksi 2 menambahkan, sesuai UU No. 7 3017 perubahan Panitia Pangawas Pemilu (Panwaslu) menjadi Bawaslu harus melakukan seleksi ulang.

“Anggota Panwaslu saat ini (existing) tetap mengikuti ketentuan UU No. 7 tahun 2017, dengan melakukan pendaftran kembali ke bawaslu namun kepada mereka sesuai buku pedoman Bawaslu dilakukan evaluasi oleh Bawaslu RI,” ujarnya.

Untuk Kabupaten kota dengan jumlah penduduk dibawah  50rb jiwa bawaslu menetapkan tiga orang anggota Bawaslu dan kabupaten kota dgn jumlah penduduk diatas 500rb jiwa menjadi lima orang anggota Bawaslu.

“Tes tertulis seleksi  penerimaan calon anggota Bawaslu menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) metode tes yang berbasis komputer. Kita serahkan dengan skretariat untuk memfasilitasi ujian cat,” imbuh DR Mada.

Untuk Kesehatan dan tes Narkoba lanjut DR Mada Pihak Bawaslu kerjasama dengan  rumah sakit Polri yang akan dilakukan di tahap ke tiga   setelah  psycho test dan  sebelum tes wawancara.

“Kita berharap bisa mendapatkan dua kali calon anggota bawaslu untuk posisi terakhir dan untuk awal pendaftaran  diharapkan 8 x dari kebutuhan. Minimal 4 kali jumlah kebutuhan. Penilaian terhadap berkas juga untuk menyeleksi sesuai kebutuhan pemenuhan syarat kuota sekaligus kuota perempuan,” tutupnya.

Syarat menjadi anggota Bawaslu Kabupaten kota antara lain, Warga Negara Indonesia, usia minimal 30 tahun, sehat jasmani rohani, setia kepada Pancasila, Bukan Anggota Partai Politik lima tahun terakhir, sanggup bekerja penuh, bukan PNS Anggota TNI Polri Direksi BUMN/BUMD atau lembaga yang dibiayai APBD atau APBN dan sumber keuangan negara lainnya. Untuk lebih jelas silahkan datangi sekretariat Panwaslu/Bawaslu di kota kabupaten masing masing.

Berikut nama nama Timsel Bawaslu Provinsi untuk Kabupaten Kota se Sumsel

Timsel 1
1. Prof. Indawan Syahri
2. Indriadi Agustian
3. Ania Triana AD, SH, MH
4. DR. Agustinda Habari, MBA
5. DR Holijah SH, MH

Timsel 2.
1. DR. Firman Freddy
2. DR Mada Apriadi Zuhir SH, MCL
3. Emilia Soliha SAg, MM
4. DR M. Fadillah km S.Sos, M.Si
5. DR Bambang Sulistyo MPD