Detak-Palembang.com JAKARTA – Berkas perkara pelimpahan tahap II tersangka Ketua DPR Seta Novanto dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) sudah siap dan lengkap. Dalam waktu dekat KPK siap melakukan pelimpahan tahap II tersangka dan berkas perkara, dari tahap penyidikan ke penuntutan.

Hal ini disampaikan pengacara Fredrich Yunadi, dirinya menyebut bahwa berkas perkara kliennya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah dinyatakan lengkap.

Ia mengaku, dirinya dihubungi penyidik KPK Selasa sore (5/12), sekitar pukul 17.30 WIB. Dia diminta untuk mendampingi Novanto dalam rangka pelimpahan berkas tersebut.

“Penyidik KPK tadi pukul 17:30 WIB telepon saya, minta saya harus hadir ke KPK untuk dampingi Setya Novanto dalam rangka P-21 penyerahan tahap kedua,” kata Fredrich, lewat pesan tertulis, Selasa malam seperti dikutip kompas.com.

Namun, dia menolak permintaan KPK untuk datang dalam rangka pelimpahan berkas perkara kliennya tersebut. Fredrich mengatakan, hal itu karena permintaan dari KPK datang mendadak.

“Karena mendadak dan saya ada acara meeting dengan klien, saya tolak. Karena saya dan tim bukan advokat pengangguran,” ujar Fredrich.

“Bagaimana kasus bisa dinyatakan P-21, di mana masih ada delapan saksi meringankan belum diperiksa, terbukti KPK melecehkan hukum juga merendahkan hak dan martabat advokat,” ujar Fredrich.