bemDetak-Palembang.com PALEMBANG – Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh hari Kamis, 10 November, Puluhan pemuda yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) melakukan aksi damai di Simpang Flyover Polda, Palembang, Kamis (10/11).

Aksi Mahasiswa Polsri ini diwarnai dengan melakukan teatrikal dan long march ke Taman Makam Pahlawan dengan dikawal puluhan aparat kepolisian untuk melakukan pengamanan.

Menurut Koordinator lapangan (Korlap) Mirza, aksi damai yang mereka gelar untuk mengingatkan kepada masyarakat maupun pemerintah agar selalu menghargai jasa para pahlawan.

Mirza juga menyampaikan bahwa aksi ini untuk mensosialisasikan 10 November, Hari Pahlawan. Karena melihat realitas yang terjadi kebanyakan dari generasi muda sekarang tidak mengerti atau tidak mengetahui hari pahlawan.

“Kita juga mengajak untuk melihat kesejahteraan para veteran yang telah berjuang,” tegasnya.

Dalam momentum hari Pahlawan ini mahasiswa Polsri menyatakan ingin menumbuhkan rasa semangat para penjuang kepada masyarakat, khususnya Kota Palembang.

Mirza menambahkan, selain itu kami mahasiswa Polsri menyuarakan agar serapan dana Tax Amnesty digunakan benar untuk rakyat secara merata, dilanjutkan tentang penegakan hukum.

“Kami ingin pemerintah menuntut pelaku yang terlibat kebakaran hutan dan lahan  secara hukum, pemerintah jangan tajam kebawah tumpul ke atas,” tegasnya.