Ahmad Mustain Kepala DPM PTSP Kota Palembang saat menerima penghargaan

Detak-Palembang.com PALEMBANG Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Palembang, pada tahun 2016 lalu meraih penghargaan pelayan publik Terbaik se-Indonesia tingkat kota. Kali ini merosot ke peringkat 6 dalam ajang  Investment Award 2018 di Jakarta.

Ahmad Mustain menjelaskan salah satu kendala kenapa DPM PTSP Kota Palembang merosot ke peringkat 6, karena Kota Palembang belum memiliki Mall Pelayanan.

“Mall Pelayanan Publik kito belum terwujud. Mall ini mengintegrasikan semua pelayanan. Daerah lain sudah running,” ujarnya

Mall Pelayanan DPM PTSP rencananya akan di bangun di kawasan Jakabaring, saya ini bangunan bekas Sriwijaya Promotion Center (SPC) tersebut akan digunakan sebagai gedung media center ajang Asian Games agustus mendatang.

“InsyaAllah  launching Februari 2019 mendatang pengerjaan bangunan  nunggu asian games selesai
karena akan  dipakai media center dulu,” jelasnya.

Meski demikian DPM PTSP Kota Palembang tetap bersyukur menjadi salah satu yang terbaik dalam ajang investment Award 2018 yang diberikan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Alhamdulilah, Dinas DPM PTSP Kota Palembang,  meraih penghargaan dalam ajang investment award 2018,”ucap Dr. Akhmad Mustain S.Stp M.si, Kepala Dinas DPM PTSP Kota Palembang kepada awak media, melalui sambungan seluler, Kamis (12/07)

Ia menerangkan,  Dalam ajang ini,  BKPM memberikan penghargaan kepada PTSP terbaik tingkat Provinsi,  Kabupaten /Kota /Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) /Kawasan perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB).

“Berdasarkan survei 565 PTSP di seluruh wilayah, Kota Palembang masuk 10 besar yang terbaik. Penghargaan ini harus dipertahankan dan pelayanan harus kita tingkatkan, hal ini sesuai arahan Walikota Palembang,”jelasnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol ini mengutarakan bahwa, penghargaan yang diterima ini salah satu sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan perizinan.

Terkait turunnya peringkat DPM PTSP Kota Palembang dalam ajang Investment Award 2018, Ratu Dewa mantan Kepala Dinas DPM PTSP mengatakan, kemungkinan ada pengetatan dari tim penilai. Kendala Mall pelayan juga menjadi catatan dari Ratu Dewa.

“ Mungkin pengetatan dari tim penilai terkait kriteria dan persyaratan yg dinilai. Trus memang kondisi yg ada sekarang masih masa transisi menuju mall layanan publik yg sedang dalam proses pembenahan sarana dan prasarana maupun SDM yang ada,“ ujar Ratu Dewa.

Dewa berharap, kedepan DPM-PTSP dapat terus mengukir prestasi dan kembali meraih peringkat pertama pada ajang invesment award.

“Kita berharal kedepan dapat lahir inovasi baru. Itulah kunci kompetisi sehat dengan daerah lain,” tandasnya.

Sebelumnya pada tahun 2016 di ajang yang sama Penyelenggara PTSP terbaik tingkat kota  diraih  Badan Penanaman Modal dan PTSP Kota Palembang. Tempat ke 2 diraih  Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Pekalongan dan peringkat ke 3  Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Banjar.

Berikut daftar PTSP Peringkat 1, 2, 3 Terbaik dan Penerima Special Award Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Terbaik 2018 :
1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Provinsi Jawa Tengah.
2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Provinsi Jawa Timur.
3. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Provinsi DKI Jakarta.

Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Terbaik 2018 :
1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kota Pekanbaru.
2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kota Surakarta.
3. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kota Semarang.

Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Terbaik 2018:
1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Siak.
2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Sragen.
3. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Pinrang.

Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Wilayah Timur Terbaik yang meliputi: Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua Terbaik Tahun 2018:
1. Wilayah Nusa Tenggara Timur
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu, Kota Kupang.
2. Wilayah Maluku dan Maluku Utara
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu, Kota Ternate.
3. Wilayah Papua dan Papua Barat
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Jayapura