Detak-Palembang.com MUARADUA – Untuk memberikan bekal bagi pasangan calon pengantin dalam mengarungi bahtera rumah tangga, Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan melalui Seksi Bimas Islam menggelar bimbingan perkawinan bagi calon pengantin, Senin (27/11) pagi di aula KUA Muaradua.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan H. Abdul Haris Putra, S.Ag melalui Kasi Bimas Islam Drs. Edi Basuki menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pembekalan agar mereka siap untuk membina rumah tangga.

“Yang ujung-ujungnya adalah untuk mengurangi angka perceraian,” cetus Basuki lugas.

Bimbingan di KUA Muaradua ini adalah yang ke dua setelah beberapa hari sebelumnya digelar di KUA Buay Sandang Aji.

“Dan akan digelar di 12 KUA dari 14 KUA yang ada di Kabupaten OKU Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala KUA Muaradua Hadromiadi menyatakan bahwa program ini adalah untuk pertama kalinya dilaksanakan.

Sebelumnya penyuluhan atau bimbingan kepada calon pengantin selalu dilaksanakan hanya pada saat menjelang akad nikah saja.

Dan materi yang disampaikan pada acara bimbingan di kantornya tersebut menurut Hadromiadi lebih banyak, antara lain mengenai kesehatan, pendidikan dan materi pendukung lainnya.

Pemateri yang menyampaikan materinya antara lain berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, Kasi Penmad Kanmenag dan beberapa pemateri lain.

Untuk ke depan kementerian agama tidak hanya akan mengundang calon pengantin saja yang jumlahnya terbatas, akan tetapi juga akan melibatkan karang taruna, siswa SMA dan remaja masjid.

“Karena mereka juga adalah calon pengantin,” terang mantan Kepala KUA Simpang itu.