Detak-Palembang.com BANJARMASIN – Laskar Wong Kito akhirnya kembali turun tangga di klasemen Liga 1 Indonesia atas kekalahan kontra Barito Putera dengan skor telak 3-1 di Stadion 17 Mei, Sabtu (9/6) malam.

Tiga gol Barito Putera dicetak oleh Samsul Arif menit 34, Matias Cordoba menit 60 dan Rizky Pora menit 70. Sedangkan satu gol hiburan Sriwijaya FC (SFC) di cetak oleh Albeto Gonzalves menit 90+1.

Kekalahan itu akhirnya berdampak kepada klasemen sementara. Padahal baru duduk papan atas di peringkat ketiga. Lalu SFC turun lagi ke posisi lima klasemen poin 19.

“Kami tidak bermain buruk karena babak pertama kita sudah berhasil menekan lawan. Jujur saya akui kiper Barito memberikan penampilan terbaik. Berapa kali peluang kita di gagalkan oleh dia,”kata Pelatih SFC Rahmad Darmawan memberikan keterangan usai pertandingan.

Diakui RD ia memang tidak banyak mengganti posisi pemain saat terakhir melawan Persela Lamongan. Itu pun baginya bukan karena alasan mogoknya pemain hingga ia tak berani mengubah posisi pemain.

“Secara umum memang saya tidak mengganti pemain yang bermain di laga sebelumnya. Tapi itu bukan karena faktor lain. Sebab mereka bermain maksimal di laga sebelumnya.Namun secara keseluruhan kita bermain maksimal,” pungkasnya.

Terpisah Pemain SFC Adam Alis juga menuturkan hal serupa seperti yang di utarakan oleh sama seperti pelatih. Ia menilai pemain sudah berusaha tanpa ada faktor lain.

“Hampir sama seperti apa yang disampaikan coach tadi. Kami sudah bermain maksimal. Kita banyak menciptakan peluang. Tapi memang tuan rumah lebih beruntung,”ujarnya.

Terpisah Pelatih Barito Putera, Jacken F Tiago mengaku anak asuhnya tampil elegan di laga terakhir Ramadan. Baginya semua dipersembahkan untuk kebahagiaan fans dan pendukung.

“Saya senang permainan tadi cukup menghibur. Semua kita persembahkan untuk fans. Tapi pastinya jelang laga berikutnya akan kita perbaiki beragam kesalahan,“ ujarnya.

Pelatih asal Brasil ini, pun senang lantaran tambahan tiga poin membuat Barito Putera menembus puncak klasemen sementara dengan raihan 23 poin. Sementara itu, kekalahan ini membuat Sriwijaya FC turun ke posisi lima dengan koleksi 19 angka.

“Sekali lagi saya berikan apresiasi kepada semua pemain. Mereka bermain maskimal malam ini,”pungkasnya.

Tampil di depan pendukung sendiri membuat Barito Putera agresif sejak awal pertandingan. Publik tuan rumah hampir mencetak gol pada menit kedua, namun bola hasil sepakan Paulo Sitanggang masih melebar.

Memasuki menit ke-14, gawang Barito Putera mendapatkan ancaman. Akan tetapi, Adhitya Harlan tampil gemilang dengan melakukan penyelamatan terhadap tembakan Patrich Wanggai.

Barito Putera akhirnya mencetak gol pembuka melalui aksi Samsul Arif pada menit ke-34. Memanfaatkan umpan Aaron Evans, Arif menanduk bola yang mengarah ke gawang Sriwijaya FC. Skor 1-0 untuk keunggulan Barito Putera bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Barito Putera kembali menyerang sejak awal. Pada menit ke-61, Laskar Antasari berhasil menggandakan keunggulan melalui aksi Matias Cordoba yang sukses melepaskan tembakan terarah setelah menerima umpan Samsul Arif.

Sriwijaya FC kembali mendapatkan tekanan pada menit ke-69. Wasit menunjuk titik putih setelah Hamka Hamzah melakukan pelanggaran terhadap Paulo Sitanggang. Rizky Pora yang menjadi eksekutor sukses melaksanakan tugasnya dan membawa Barito Putera unggul 3-0.

Pada menit ke-77, Sriwijaya FC kembali mendapatkan peluang emas. Namun, Harlan kembali tampil gemilang di bawah mistar gawang Barito setelah mementahkan tendangan bebas Makan Konate dan juga bola muntah Esteban Vizcarra.

Barito Putera hampir menambah keunggulan pada menit ke-82. Berawal dari tembakan keras Douglas Packer yang mampu ditepis M. Sandi Firmansyah, bola liar hasil tepisan jatuh ke kaki Rizky Pora yang langsung menyodorkan bola pada Samsul Arif. Sayang, nama terakhir gagal mencetak gol setelah sepakan mendatarnya melenceng.

Menjelang akhir laga tepatnya pada menit ke-90+2, Sriwijaya FC berhasil mencetak gol hiburan dari titik putih melalui Alberto Goncalves. Hingga laga usai tak ada gol tambahan. Barito  meraih kemenangan 3-1 atas Sriwijaya FC.