banteng1

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sumatera Selatan jadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres I Dewan Pimpinan Pusat Barisan Penegak Trisakti Bela Bangsa (Banteng Indonesia) di Wisma Atlet Jakabaring Sport City, Rabu (14/12). Pemerintah Provinsi Sumsel menyambut baik terselenggaranya Kongres I Banteng Indonesia di Sumsel.

Organisasi Masyarakat Banteng Indonesia merupakan Organisasi yang dibentuk guna meneruskan semangat perjuangan dan kecintaan kepada Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Banteng Indonesia dideklarasikan 20 Oktober 2011.

Wakil Gubernur Sumsel Ir. H Ishak Mekki mengapresiasi penuh dibentuknya Banteng Indonesia  di Sumsel mengingat masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sumsel untuk bersama-sama meneruskan ajaran Bung Karno dalam kesejahteraan masyarakat yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian. Negara Indonesia adalah negara yang besar, untuk itu harus dijaga bangsa dan negara dengan mentaati aturan hukum yang ada.

“Kita harus percaya diri dan mampu mengharumkan nama Indonesia,” tegas Wakil Gubernur Sumsel.

Lanjut Ishak Mekki mengatakan, Banteng Indonesia harus ikut andil dalam Asian Games 2018 mendatang, mengingat dalam Asian Games, Sumsel harus tetap kondusif, aman dan terjaga. “Banteng Indonesia diharapkan beradasarkan misinya yang sangat mulia mempunyai peranan yang sangat besar bagi Asian Games nanti,” terang Ishak Mekki.

Wakil Gubernur Sumsel, Ir H Ishak Mekki MM didampingi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Banindo, I Ketut Guna Arta dan Ketua DPD Banindo Sumsel, Asrul indrawan dan Wakil Kabid Komunikasi dan Informasi, Mellawati.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat I Ketut Guna Arta mengungkapkan Banteng Indonesia merupakan organisasi indipenden serta bersifat terbuka. Menurutnya, organisasi ini merupakan organisasi yang berazazkan konsep trisakti  antara lain berdaulat, berdikari dan berkepribadian serta organisasi yang meneruskan Ideologi dari Bung Karno dalam mewujudkan Indonesia yang Mandiri, Kuat, Adil dan Sejahtera. Dengan demikian Ormas Banteng Indonesia diharapkan mempunyai tujuan dalam mewujudkan kebangsaan Indonesia sesuai dengan tema organisasi yaitu barisan penegak trisakti bela bangsa.

Kemudian, tambahnya sebagai organisasi masyarakat, Banteng Indonesia akan mewujudkan peran serta meneguhkan nilai-nilai pancasila, dan Trisakti dalam berbangsa dan bernegara untuk meneruskan risalah kepemimpinan serta kenegaraan yang tertuang dalam pancasila sebagai cita-cita bersama.”Diharapkan Ormas Banteng Indonesia akan menghasilkan generasi penerus yang kokoh,” pungkasnya.