Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Balai Arkeologi Sumatera Selatan(Sumsel) mensosialisasikan hasil penelitian Sriwijaya kepada siswa SMA di Hotel Amaris Pembang, Kamis (09/08).

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo mengatakan dengan kegiatan seperti ini akan lahir pemateri-pemateri yang berskala nasional tentang temuan-temuan khususnya Kerajaan Sriwijaya.

“Kegiatan seperti ini sangat baik, sangat prestisius. Semoga ada forum-forum seperti yang digagas Balai Arkeologi Sumsel ini,” harapnya.

Ia juga memberikan saran agar hasil penelitian dan temuan-temuan dikemas lebih menarik, sehingga enak dilihat dan dibaca. Pada akhirnya ia mengatakan menjadikan orang tertarik pada sejarah selanjutnya melestarikan dan mengembangkan sejarah.

“Nanti dibuat foto yang menarik, kita taruh di Cafe-cafe dan ada perpustakaan kecil di dalamnya ada buku tentang Sriwijaya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga Kepala Balai Arkeologi Sumsel, Budi Wiyana, mengatakan bahwa hasil dari penelitian ini diharapkan minimalnya diketahui oleh pelajar dan tentunya diharapkan nantinya akan tumbuh ketertarikan pelajar untuk mengenal ilmu arkeologi tersebut.

“Selain sosialisasi sosialisasi, Balai Arkeologi juga sering mengadakan praktek lapangan yang melibatkan pelajar dan mahasiswa arkeologi Sumsel dan juga bekerjasama dengan sekolah-sekolah di Sumsel,” katanya.

Ia berharap suatu saat ada Arkeolog asal Sumsel yang dapat membanggakan Sumsel.Nantinya bisa menanamkan sejarah itu dengan cara yang menyenangkan.