Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Sebagai ujung tombaknya Satuan Teritorial (Satter) mempererat tali silaturahmi dengan warga binaannya itu merupakan hal yang terpenting dalam mendukung tugas pokok Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah, karena itu Babinsa bisa tahu berbagai permasalahan yang terjadi di desa binaanya itu.

Hal itulah yang sering dilakukan oleh Babinsa Desa Deyah Mamplam Koramil 19/Leupung Serda Budi Raharjo bersama Babinkamtibmas Polsek Leupung dengan berkunjung ke desa binaannya menjumpai warga yang sedang berkumpul, bertempat di Desa Deyah Memplam, Leupung, Aceh Besar, Sabtu (23/12/17).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan hal yang rutin Ia lakukan, sebagai salah satu wujud dalam menciptakan kebersamaan dan kedekatan dengan warganya, selain itu  disitu Ia juga memberikan motivasi kepada warganya, yang mungkin bisa bermanfaat, baik dalam mengembangkan usaha dan lainnya.

Di desa nya itu, profesi masyarakat rata-rata sebagai nelayan, yang setiap harinya mereka selalu pergi melaut mencari ikan untuk dijual, namun terkadang jika cuaca buruk mereka tidak dapat melaut, hal itu membuat mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

“Jika tidak melaut, maka mereka akan kesulitan dalam mencukupi kebutuhan sehari-harinya,” katanya

Oleh karena itu, peran dan dukungan Babinsa sangatlah penting dalam membantu masyarakat untuk mengatasi kesulitannya, karena dengan adanya dukungan dari Babinsa, dapat memberikan masukan berupa pola pikir yang baru bagi mereka.

“Pentingnya kehadiran kita di desa, karena dapat memberikan pola pikir baru untuk membantu mereka dalam menambah penghasilannya,” imbuhnya.