Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Sebagai fungsi utama TNI dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) sesuai Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi. Dalam mencermati perkembangan situasi dan ketahanan kondisi sosial di wilayah, serta untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Sehubungan dengan itu, Babinsa secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di desa binaan, sehingga segala permasalahan yang terjadi di wilayah dapat cepat di tangani.

Seperti hal yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Lamteuba Koramil 01/Seulimuem Serda Sigit Mahyudi yang terus menerus menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan warga desa binaannya, bertempat di Desa Lamteuba Kecamatan Seulimuem Kabupaten Aceh Besar, Senin (27/11).

Komandan Koramil 01/Seulimuem Mayor Inf Mukalil mengatakan, bahwa Babinsa sebagai ujung tombaknya Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) di lapangan, sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di desa binaannya.

Menindak lanjuti hal ini, Danramil menekankan kepada seluruh Babinsa agar selalu bersinergi dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan seluruh Komponen Masyarakat sehingga tugas pokok Babinsa di wilayah dapat berjalan dengan baik.

“Kami terus mengajak kepada seluruh warga di wilayah, untuk menjaga kerukunan antar warga dengan mempedomani Kebhinnekaan dalam kehidupan bermasyarakat yang aman dan tentram,” ucap Danramil.