Detak-Palembang.com PALEMBANG – Aturan baru diberlakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) III Palembang. Aturan itu khusus untuk ibu hamil yang akan menggunakan kereta api agar mendapatkan pelayanan serta kenyamanan selama perjalanan.

Dikatakan Aida Suryati, Manager Humas PT. KAI di ruang kerjanya, Senin (27/03), bahwa aturan ini mulai berlaku 31 Maret 2017. Aturan itu mensyaratkan ibu hamil diperbolehkan naik kereta api jarak jauh dengan ketentuan usia kehamilan antara 14 sampai 28 minggu.

“Pada usia kehamilan kurang dari 14 minggu atau Iebih dari 28 minggu, penumpang wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungun atau bidan yang menyatakan usia kehamilan yang sehat dan tidak ada kelainan kandungan, serta wajib didampingi minimal satu orang pendamping,” jelasnya.

Wajib melakukan pemeriksaan di pos kesehatan stasiun dan membuat pernyataan pertanggungan risiko bahwa perusahaan dibebaskan dari pertanggungjawaban dari sesuatu yang tidak diinginkan, jika ibu hamil menyimpang dari aturan tersebut.

“Namun, apabila hasil pemeriksaan petugas pos kesehatan menyatakan penumpang tersebut tidak direkomendasikan untuk perjalanan jarak jauh, tiket penumpang dapat dlbatalkan dan dikembalikan secara tunai sebesar 100 persen, begitu juga dengan tiket calon penumpang yang mendampingi ibu hamil tersebut,” tegasnya.

Disampaikannya, dengan ditetapkannya peraturan ini, PT. KAI berharap dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang, khususnya penumpang hamil.