Detak-Palembang.com PALEMBANG – Jangan heran apabila melihat ASN (Aparatur Sipil Negara) AD sekarang memakai baret. Tidak seperti hari-hari biasanya, pada kegiatan apel pagi, Rabu (01/02) terlihat para ASN dilingkungan Kodam II/Swj menggunakan tutup kepala baret warna coklat.

Berdasarkan Surat Keputusan Kemenhan RI tentang pengesahan penggunaan Baret dengan emblem, maka terhitung mulai tanggal 1 Februari 2017 seluruh personel ASN AD yang bertugas dijajaran Kodam II/Swj diwajibkan memakai baret dalam kegiatan dinas sehari-hari.

Peraturan tentang pemakaian baret bagi ASN AD di lingkungan Kodam II/Swj ini juga tertuang dalam Surat Telegram Pangdam II/Swj Nomor : ST / 129 / 2017 tanggal 30 Januari 2017 tentang ketentuan penggunaan baret bagi ASN dilingkungan Kodam II/Swj.

Adapun ketentuan pemakaian baret bagi ASN AD di lingkungan Kodam II/Swj yaitu baret ASN AD digunakan setiap hari sebagai perlengkapan pakaian seragam harian dalam kegiatan apel pagi, apel sore, dinas dalam, kunjungan kerja serta dalam kegiatan rutin sehari-hari.

Selain itu, pemakaian baret ASN AD tidak digunakan pada saat upacara bulanan (17-an), pada hari Jum’at (pada saat memakai batik) dan acara protokoler lain yang telah diatur kemudian.

“Berdasarkan ketentuan baru tersebut, seluruh personel ASN Kodam II/Swj wajib menggunakan baret sesuai ketentuan,” ungkap Wakapendam II/Swj Letnan Kolonel Drs. Paiman.

Letkol Paiman juga menjelaskan bahwa baret PNS juga merupakan simbol Aparat Negara sebagai pelayan masyarakat sekaligus sebagai pemersatu bangsa. Dengan memakai Baret, diharapkan ASN Kodam II/Swj semakin bangga dan mampu meningkatkan kualitas pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” tuturnya.

“Sejak ditetapkannya penggunaan baret ini maka penggunaan topi lapangan ASN AD dinyatakan tidak berlaku lagi. Bagi Komandan satuan dapat memberikan teguran baik secara lisan/tulisan kepada ASN disatuannya yang tidak memakai baret dalam kegiatan-kegiatan yang telah diatur sesuai ketentuan,” pungkasnya.