Detak-Palembang.com JAKARTA – Bagaimana proses penyandang cacat fisik (DISABILITY) menjadi berkemampuan (ABILITY) ditunjukkan dalam ilustrasi proses pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (6/10/2018).

Dengan keahlian memanahnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menemui penyandang disabilitas cilik Karunia Rudianti didampingi oleh atlet panahan, Abdul Hamid yang berada di tengah lapangan untuk ikut memanah mebidik huruf DIS pada kata DISABILITY.

Jokowi turun dari tribun dan menemui Karunia. Setelah berbincang sejenak dengan Karunia, Jokowi diberi satu kotak yang masih terkunci. Jokowi membuka kotak tersebut dan menemukan tulisan ‘ABILITY’ di dalamnya. Jokowi memaerkan isi kotak yang dibukanya.

Setelah siap dengan peralatan memanhnya, kemudian Jokowi, Karunia dan Abdul Hamid membidik tulisan DISABILITY yang ada di belakangnya. Ketiganya kemudian melapaskan anak panah tersebut yang membuat huruf DIS jatuh.

Alhasil, terpampang jelas di tengah lapangan tulisan ABILITY. Melihat atraksi ini, seluruh penonton sontak bertepuk tangan dan berteriak riuh.