Detak-Palembang.com PALEMBANG – Naiknya Rancangan Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang yang cukup signifikan melalui pendapatan pajak hotel dan restoran sebesar Rp 500 miliar menjadi indikasi sehatnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang 2019.

Selain itu, sehatnya APBD Kota Palembang karena besaran belanja langsung yang lebih besar dari belanja tidak langsung, ungkapWalikota PalembangHHarnojoyosaat menyampaikan bahwa APBD Kota Palembang tahun anggaran 2019 benar-benar sehat.

Pernyataan ini disampaikan Harnojoyo saat penyampaian nota keuangan pada rapat Paripurna DPRD Kota Palembang, Selasa (30/10/2018).

“Belanja tidak langsung sebesar Rp 1.475.523.000 atau sebesar 57 persen, sedangkan belanja langsung sebesar 2.105.820.076.211 atau sebesar 43 persen, artinya APBD kita sangat sehat dimana belanja tidak langsung lebih kecil dari belanja langsung,” kata Harnojoyo.

Lebih lanjut Harnojoyo mengatakan, Rancangan Pendapatan Asli Daerah kota Palembang mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni sebesar Rp 500 Miliar.

“500 Miliar ini akan kita optimalkan melalui pendapatan pajak hotel dan restoran yang menjadi primadona kita selama ini,” kata Harnojoyo.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Harnojoyo, akan diterapkan sistem baru pada setiap restoran.

“Nanti kita tempatkan semacam alat deteksi di setiap kasir restoran, agar penerimaan pajak kita benar-benar maksimal,” ujarnya.