Detak-Palembang.com MUARADUA – Untuk menangani permasalahan hukum terkait dengan keputusan-keputusan KPU, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Selatan melaksanakan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MOU) dengan Kejaksaan Negeri OKU Selatan, Senin (27/11) siang di sekretariat KPU setempat.

Ketua KPU OKU Selatan Hendri Daya Putra, S.Ag dalam sambutannya secara khusus meminta dukungan penuh dari kejaksaan negeri pasca ditandatanganinya kesepakatan itu.

“Kejaksaan adalah tempat kami untuk berkonsultasi dalam menyelesaikan masalah hukum” jelas Hendri lebih lanjut.

Mengingat dalam tahapan-tahapan pemilu kata dia, nantinya ada saatnya peserta pemilu merasa tidak puas dengan keputusan-keputusan KPU dengan membuat pengaduan-pengaduan.

Untuk itu pihaknya berharap mendapatkan pengarahan dan bantuan hukum dari kejaksaan.

“Kita berharap dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah” ujarnya optimis.

Pihaknya juga berharap agar jalinan komunikasi dan koordinasi dibangun secara intens, salah satu wujudnya KPU akan selalu menyampaikan data-data yang yang diperlukan oleh kejaksaan berkaitan dengan tahapan-tahapan pemilu, seperti jumlah parpol, DPS, DPT dan lain-lain.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri OKU Selatan Edi Irsan Kurniawan, SH, M.Hum yang didampingi oleh Kasi Datun Rio Irawan P Halim , SH, MH sangat menyambut baik MOU tersebut.

Sebagai Kejaksaan Negeri yang baru dan juga sebagai kepala yang baru, dirinya menyatakan bahwa pihaknya juga sedang melakukan fungsi “marketing” untuk memperkenalkan fungsi kejaksaan, dimana selama ini jaksa lebih dikenal dengan jaksa penuntut saja di pengadilan.

Irsan memperkenalkan bahwa di kejaksaan juga ada fungsi keperdataan, dimana jaksa akan berlaku sebagai pengacara negara yang siap untuk memberikan bantuan hukum mewakili lembaga-lembaga pemerintah, BUMN, BUMD, termasuk juga dalam hal ini KPU.

Dalam menjalankan fungsi litigasi kejaksaan, dimana semua keputusan KPU rawan digugat, maka apabila terjadi gugatan, kejaksaan akan mendampingi KPU.

Berkaitan dengan semua produk keputusan KPU, kejari ingin bersinergi dengan KPU untuk dapat bekerjsama dari segi  hukum.

“Tadak perlu sungkan dan ragu untuk berkomunikasi terus, agar tugas KPU berjalan dengan lancar dan baik,” harap Irsan.

Karena dengan adanya MOU ini, kepala kejari yang baru itu mengaku bahwa hal itu akan menjadi salah satu indikasi keberhasilan kinerja Kejari OKU Selatan.