Detak-Palembang.com PALEMBANG – Guna menjaga kesehatan yang begitu pentingnya bagi terlaksananya semua kegiatan manusia, satuan Korem 044/Gapo bekerjasama Lembaga Peduli Kesehatan Masyarakat Indonesia (LPKM) Prov. Sumsel dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Palembang menyelenggarakan penyuluhan kesehatan tentang kanker dan tumor bertempat di Balai Prajurit Makorem 044/Gapo,  Senin (27/3).

Sebelum penyuluhan dimulai Kasipersrem 044/Gapo Mayor Inf Prabowo mewakili Danrem 044/Gapo mengatakan agar seluruh peserta menyimak dengan seksama tentang kegiatan penyuluhan kesehatan sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagi kita semuanya, dan berharap dengan adanya penyuluhan kesehatan dapat membuat seluruh anggota lebih sadar akan pentingnya pola hidup sehat.

Adapun tujuan dari penyuluhan yang disampaikan oleh pemapar dari LPKM Prov. Sumsel Ibu Titi Suarni, S.Km. dan dari YKI Kota Palembang Ibu Riana Dewi, Am.Keb. ini adalah untuk memberikan informasi sedini mungkin, secara langsung tentang pengertian kanker, mengenali  secara dini  gejala kanker prostat, rahim  dan  payudara serta cara sehat dan hemat untuk menghindari kanker.

Dalam paparannya disampaikan secara komprehensif tentang apa itu kanker, yaitu  suatu perubahan sel normal menjadi tidak normal (abnormal), dan kanker  bisa berawal dari tumor, baik tumor jinak maupun tumor ganas. Tumor jinak pertumbuhannya lambat, tapi bila dibiarkan dan tidak segera ditangani dikhawatirkan akan berubah menjadi tumor ganas dan kalau sudah menjadi ganas itulah yang dinamakan dengan Kanker.

Lebih lanjut diterangkan cara menghindari kanker dan tumor adalah melakukan pola makan yang sehat dan teratur, konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur, menghindari makanan yang berlemak tinggi seperti daging, menghindari makanan yang mengandung zat carsinogen (pengawet) dan melakukan olahraga secara teratur serta melakukan suntik imunisasi kekebalan tubuh (dilakukan tiga kali selama tiga bulan). Sedangkan pengobatan secara alami dengan mengkonsumsi tumbuhan alami yang mengandung zat anti Kanker seperti buah sirsak, keladi tikus dan temu putih.

Hadir dalam kegiatan penyuluhan tersebut para Kasi dan Pasi Korem 044/Gapo, seluruh anggota Pama, Bintara, Tamtama dan ASN Makorem 044/Gapo serta Persit KCK Koorcab Rem 044 PD II Sriwijaya.