Detak-Palembang.com WAY KANAN – Serda Sugiyanto, anggota Kodim 0427/ WK bersama warga Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Waykanan, berhasil membekuk terduga pelaku Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan mengamankan Senjata Api (Senpi) rakitan milik pelaku, Rabu (1/11) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari kemarin.

Berawal, kejadian sekitar pukul 03:40 WIB, saat korban yang bernama Darji (60) bersama cucunya Adi (25) warga Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung, mengeluarkan sepeda motor miliknya dari dalam rumahnya untuk dibawa bekerja di kebun karet.

Setelah itu, Darji masuk lagi kedalam rumah namun tidak lama kemudian terdengar suara motornya dibawa kabur oleh pencuri. Melihat kendaraannya dibawa kabur pelaku yakni Mulyadi (38), korban dan cucunya Adi  melakukan pengejaran sambil berteriak maling.

Pada saat yang bersamaan Serda Sugiyanto anggota Kodim 0427/WK yang tengah melintas langsung ikut melakukan pengejaran bersama dengan warga masyarakat yang lainnya.

Sekira pukul 04.00 Wib, tepat di Jembatan Trantang perbatasan Kabupaten Way Kanan dan OKU Timur, Korban bersama dengan cucunya berhasil menangkap salah satu pelaku, namun pelaku melakukan perlawanan dengan cara memukul kening Sdr. Darji dengan menggunakan gagang Senpi Rakitan dan menggigit tangan Sdr. Adi.

Tidak lama berselang Serda Sugiyanto dan masyarakat tiba dilokasi tersebut, dan pelaku berhasil dilumpuhkan. Namun saat akan dibawa menuju Polsek Bahuga, tepatnya di persawahan, pelaku berontak dan langsung kabur lari ke areal persawahan, dan langsung dikejar oleh masyarakat yang kembali berhasil di tangkap. Massa yang sudah geram mencoba untuk menghakimi pelaku di areal persawahan, namun berhasil dihalangi oleh Serda Sugianto.

Kemudian pelaku yang diketahui bernama Mulyadi (48), warga Desa Bantan Kecamatan BP Peliung Kabupaten OKU Timur dilakukan perawatan di Puskesmas Kampung Sukabumi Kecamatan Buay Bahuga karena mengalami luka memar bagian kepala dan mata lebam akibat dikeroyok massa dan dijaga oleh anggota Polsek Bahuga, sedangkan barang bukti berupa Senpi Rakitan diserahkan di Polsek Bahuga.

Sedangkan, sepeda motor korban berhasil dibawa kabur rekan pelaku Mulyadi. Akibat kejadian tersebut korban mengalami luka robek di dahi akibat pukulan benda tumpul. Saat ini kasus tersebut ditangani Polsek Bahuga.

Sementara itu, Dandim 0427/Way Kanan, Letnan Kolonel Inf Uchi Cambayong, membenarkan telah terjadi curanmor di daerah Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan dan Serda Sugiyanto telah menggagalkan pencurian bermotor tersebut.

“Aksi yang dilakukan oleh Serda Sugiyanto anggota Kodim 0427/Way Kanan merupakan tindak lanjut dari pernyataan Dandim 0427/WK yang sampaikan sebelumnya terkait maraknya aksi kriminalitas di wilayah Kodim 0427/Way Kanan, dimana dimana anggota Kodim diharapkan dapat membantu tugas anggota kepolisian dalam menangani aksi kriminalitas”, ujarnya.

“Saya sudah perintah seluruh jajaran anggota Kodim 0427/Way Kanan untuk membantu pihak Kepolisian memberantas aksi kriminalitas yang mulai marak terjadi belakangan ini,” tandas Letkol Uchi.