Detak-Palembang.com PALEMBANG – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Rebulik Indonesia (DPD RI) Hendri Zainuudin melakukan pantauan langsung sekaligus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan. 

Kegiatan pemantauan Hendri Zainuddin ini terkait persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang, di Kantor KPU Sumsel di jalan Pangeran Ratu Blok B8, 15 Ulu Jakabaring Kecamatan SU I, Selasa (21/03).

Hendri Zainuddin mengatakan, Kunjungan ini merupakan salah satu tugas dan fungsi dari DPD, khususnya Komite I yakni pengawasan terhadap undang-undang. Terutama Undang Undang nomor 10 Tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah.

“Koordinasi ini dilakukan untuk mengetahui, sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 di 9 Kabupaten – Kota di tambah Provinsi. Sejauh ini progresnya masih on the track,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua KPU Sumatera Selatan, Aspahani mengatakan, Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah 2018 perlu dipersiapkan baik mekanisme, sistem, maupun aturan perundang-undangan.

Dari pantauan Detak-Palembang.com saat ini KPU Sumatera Selatan sedang melakukan persiapan pelaksanaan Pilkada 2018 yang akan digelar secara serantak. Sembilan Kabupaten – Kota ditambah Provinsi sedang menghitung anggaran.

“Kita harapakan di bulan Juni anggaran sudah tertuang dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), sehingga kita dapat melaksankan tahapan-tahapan sesuai undang-undang,” jelasanya.

Asphan menjelaskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2018 secara serentak  dapat menghemat anggaran sekitar 150 miliar.