Detak-Palembang.com MUARADUA – Perhelatan besar sebagai even andalan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yaitu Festival Danau Ranau (FDR) sudah semakin dekat, yaitu kurang dari 1 bulan lagi.

Dimana, festival yang sudah berlangsung sejak Danau Ranau masih masuk di dalam wilayah Kabupaten OKU itu, akan digelar pada tanggal 14-16 Desember mendatang.

Apa saja yang akan ditampilkan dan disuguhkan kepada para pengunjung dan masyarakat, Kadin Parbud Kabupaten OKU Selatan Darmawan mengungkapkannya kepada awak media, Selasa (07/11) siang di ruang kerjanya.

Acara diawali dengan pembukaan pada 14 Desember, yang akan dihadiri oleh para tamau undangan termasuk di dalamnya para bupati/walikota se Sumatera Selatan dan dari Provinsi Lampung seperti Lampung Barat, Pesisir Barat dan Way Kanan.

Setelah pembukaan yang menampilkan karnaval budaya dan atraksi jet sky, pada hari berikutnya , Jum’at (15/12) akan digelar parade seni dan budaya dengan menampilkan berbagai budaya khas dari 19 kecamatan di Kabupaten OKU Selatan termasuk kulinernya.

Sementara itu, Kasi Promosi Dinas Parbud Selly Juanita, SS, MM menambahkan, aneka lomba yang akan diselenggarakan tersebut meliputi olah raga bersepeda, berenang, lomba kicau burung, pagelaran musik dan lomba perahu cadik serta lomba menarik lainnya.

“Untuk expo (stand pameran -red) hanya akan diisi hanya OPD strategis seperti Dinas Pertanian, selain itu sisanya akan diperuntukkan bagi UMKM untuk mempromosikan produknya” terang Selly lebih lanjut.

Untuk lomba kreasi yang terbuka bagi seluruh masyarakat, akan diadakan lomba membuat souvenir, dimana souvenir itu harus  menampilkan ciri khas OKU Selatan. Dan setelah jadi, akan dipajang untuk dilakukan penilaian oleh dewan juri.

Mengenai akomodasi penginapan ibu muda dengan gelar Sarjana Sastra ini mengungkapkan, bagi para tamu undangan dari beberapa kabupaten/kota, mereka akan ditempatkan di Mess Pemda di Banding Agung dan beberapa home stay.

Khusus untuk tamu dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemprov Sumsel dan para kepala daerah akan ditempatkan di Villa Pusri.

Dan bagi awak media atau wartawan yang akan bertugas meliput rangkaian festival tersebut, akan disediakan penginapan home stay seperti pada perhelatan FDR beberapa tahun yang lalu.

Dan bagi masyarakat yang akan menyaksikan rangkaian dari FDR, bisa menginap di beberapa losmen dan home stay yang mudah ditemukan di sekitar danau dengan harga yang cukup bersahabat.