Detak-Palembang.com KEDIRI – TK dan playgroup Pelangi Bangsa yang bercokol di Kelurahan Banjaran, Kecamatan Kota, membawa ratusan anak-anak usia dini untuk menjajal lapangan Makodim 0809/Kediri, sekaligus beroutbond ria dibawah pengawasan langsung Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Warsito. sabtu (26/1/2019).

Ada 3 pelatih dari Kodim Kediri yang turun langsung dan mengajak anak-anak usia dini ini bermain outbond dengan jenis permainan yang mudah dimengerti. Dikarenakan usia mereka yang masih dini, durasi waktu menyesuaikan alias tidak sama dibandingkan mereka yang duduk di bangku sekolah SD, SMP maupun SMA.

Erma Yuningsih, selaku Kepala Sekolah playgroup dan TK Pelangi Bangsa, merasakan langsung apa yang dilakukan anak didiknya saat bermain outbond di lapangan hijau ini. Ia bisa memahami situasi saat anak didiknya berada dilapangan tersebut, sekaligus menyemangati anak didiknya agar sukses menjalani berbagai permainan.

“Kami dari playgroup dan TK Pelangi Bangsa mengadakan outbond bersama bapak TNI. Seperti yang dilihat hari ini, anak-anak sangat senang, sangat antusias, semangat. Kami mengadakan senam terlebih dahulu untuk pemanasan,” kata Erma.

Adapun permainannya bermacam-macam, dijelaskan Erma, ada yang meniup botol, ada yang memasukkan pipa ke dalam lubang. Ini kita adakan bekerjasama dengan wali murid dan ini sangat luar biasa.

“Semoga ilmu yang didapat bermanfaat, untuk anak-anak, untuk wali murid, sehingga fisik mereka lebih siap, lebih sehat. Tentunya menambah ilmu pengetahuan dalam hal fisik motorik anak-anak,” pungkas Erma.

Wali murid dari anak-anak usia dini ini turut serta mendampingi saat outbond dimulai hingga berakhirnya segala jenis permainan. Salah satu wali murid, sangat senang anaknya bisa bermain bersama 3 orang anggota Kodim Kediri.

“Disini kita mengadakan kegiatan outbond, yang tujuannnya mereka itu biar tahu kegiatan-kegiatan di sekolah apa saja. Acara ini diadakan di Kodim. Jadi mereka tahu, Kodim itu apa, terus cita-citanya nanti jadi apa. Tentara itu seperti itu, dinasnya disitu,” ujar Yuliani Dwi Yektikawati, salah satu wali murid yang berdomisili di Desa Gogorante, Kecamatan Ngasem.

Secara keseluruhan, ada 5 jenis permainan, 3 jenis bersifat individual dan 2 jenis bersifat kelompok. Baik individual maupun kelompok, dimainkan anak-anak tanpa merasa lelah atau capek, ini disebabkan ada semangat, motivasi dan tentunya kekompakan.