Detak-Palembang.com – Segala puji bagi Allah Rabb Semesta Alam, shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, para sahabat dan para pengikut beliau hingga akhir zaman. Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah Ta’ala karena pada saat ini kita telah memasuki salah satu bulan haram yaitu bulan Rajab. Apa saja yang ada di balik bulan Rajab dan apa saja amalan didalamnya?

Bulan Rajab merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan, dan merupakan salah satu dari empat bulan haram. Di bulan Rajab dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Lalu apa sajakah amalan di bulan Rajab yang sesuai dengan sunnah? Apakah ada sebuah amalan yang dikhususkan?

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya, tak ada ketentuan khusus disebutkan dalam Alquran atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan di bulan ini.

“Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, tetapi tak ada disebutkan tentang amalan khususnya. Cuma disebutkan secara umum yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram. Haram di sini berarti mulia, berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, berarti kehormatan, mulia. Jadi bulan-bulan haram itu artinya adalah bulan-bulan mulia,” jelasnya.

Bulan haram dalan Islam ada empat, yaitu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

“Sesuai hadis tersebut, disebutkan anjuran agar kita berpuasa di bulan-bulan ini. Jadi, khusus Rajab tak ada dijelaskan apa saja amalan khususnya karena di hadis ini penjelasannya secara umum tak mengkhususkan ke Rajab,” tambahnya.

Selama Rajab, selain berpuasa, kita bisa menghiasinya dengan amalan-amalan baik lainnya jika mau. Misalnya, berzikir, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya.

Khusus Ijazah dari Habibana Umar bin Hafidh agar membaca doa dibawah ini sebanyak 3000/5000/7000 X selama bulan Rojab:

“Rabbana-ghfir lana dhunuubana wa israfana fi amrina wa thabbit aqdamana wansurna ‘alal qawmil kafiriin..

Membaca:

 

Membaca istighfar Rojab dibaca pagi dan sore atau setelah sholat Shubuh dan Isya’ caranya yaitu setelah salam tanpa merubah posisi duduk tahiyat akhir, langsung membaca doa dibawah ini sebanyak 70 kali.

“Robbigh firlii warhamnii watub ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah serta terimalah taubatku.

Membaca doa berikut ini setiap selesai sholat fardhu selama bulan Rojab dan Sya’ban

“Allahumma baariklana fii rojaba wa sya’bana wa ballighna romadlon.