Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Peringatan Hari Ulang Tahun Kepolisian Negara Republik Indonesia ke 72 dan syukuran Hari Bhayangkara untuk wilayah Polda Sumatera Selatan (Sumsel) dipusatkan di Aula Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob), Bukit Besar Palembang, Rabu (11/07).

Hari Bhayangkara ke 72 di hadiri oleh Kasdam II Sriwijaya, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel, Kepala Pengadilan Tinggi Sumsel, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Sumsel, Danlanud. Bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin, dengan Komandan upacara Kombes Pol Kristyono.

Alex Noerdin yang membacakan sambutan Presiden Joko Widodo menyampaikan, ucapan selamat Presiden kepada Polri yang bertugas mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Presiden juga memberikan penghargaan kepada Polisi yang bertugas di Pulau-pulau terpencil dan berbakti kepada negara dan bangsa. Presiden juga memberikan apresiasi karena sudah menjaga Hari Raya dan Pilkada sudah berjalan dengan aman dan tertib.

Dalam Ulang Tahun Bhayangkara 72, Polri mendapat penghargaan karena menjadi 10 negara yang aman dan itu kita jaga dan pertahankan.

Itu semua atas kerja keras polri, saya juga mengingatkan semua anggota polri untuk tidak berpuas diri karena tuntutan masyarakat semakin tinggi dan tantangan semakin banyak.

Polri harus terus meningkatkan kemampuan terutama atas kejahatan terorisme. Terorisme melakukan tindakan biadab oleh karena itu polri harus tetap waspada.

Presiden juga mengatakan, tugas  besar mananti diantaranya Pilpres, Natal dan Tahun Baru, Asian Games juga pertemuan IMF dan bank dunia.

Presiden instruksikan polri untuk meningkatkan pelayanan. Presiden yakin dengan perbaikan, dengan soliditas dan profesionalisme maka akan mampu menjadi pelindung dan pengayom masyarakat.

Dalam upacara HUT Bhayangkara juga diberikan penghargaan Bintang Bhayangkara Nararya dan Satya Lencana Kesetiaan berdasarkan SK Presiden Joko Widodo untuk pengabdian 30 tahun, 24 tahun, 16 tahun, 8 tahun.

Penerima Satya Lencana pengabdian 30 tahun diwakili oleh AKBP Sartono Prasetyo yang telah.mengabdi 32 tahun. Kompol M. Mahdi mendapat penghargaan Bintang Bhayangkara Nararya dan Untuk Satya Lencana pengabdian 24 tahun diWakili oleh AKP Nanang Supriatno, Ipda Edi Mulyono menerima penghargaan atas pengabdian 16 tahun serta Brigadir Kgs M.Husin atas pengabdian tahun.