Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali menunjukan keseriusanya menyambut perhelatan olahraga terbesar se-Asia atau Asian Games 2018, berbagai persiapan dilakukan oleh pihak terkait, salah satunya Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan yang memberikan pelatihan “driver” yang baik dan benar.

Terutama pelatihan kepada para driver atau sopir bagi sejumlah pejabat daerah maupun sopir yang akan digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

Direktur Ditlantas Polda Sumsel Kombes Pol Raden Slamet Santoso, mengatakan, pelatihan kali ini dilakukan selama tiga hari pada tanggal 15-17 Maret 2017 yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat khusus ditujukan kepada anggota Kepolisian, anggota TNI dan sejumlah driver atau sopir bagi sejumlah pejabat daerah.

“Pelatihan ini diantaranya berupa cara bermanuver yang baik dengan menggunakan kendaraan roda dua, kelengkapan standar dalam berkendara, cek fisik kendaraan sebelum berkendara, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sejauh itu, dikatakan Raden, skill dalam berkendara seluruh anggota Kepolisian dan TNI, serta para sopir pejabat daerah cukup baik.

“Namun dengan adanya kegiatan ini, akan memberikan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman dalam berkendara. Apalagi dengan Sumsel dihadapkan dengan event internasional Asian Games 2018. Sehingga para anggota Kepolisian dan TNI, serta para Driver dalam melakukan pengawalan dapat memberikan rasa aman,” terangnya.

Acara penutupan pelatihan tersebut ditutup langsung oleh gubernur semsel H Alex Noerdin dan juga dihadiri oleh Kapolda Sumsel, Penjabat Bupati Muba H Yusnin, dan beberapa pimpinan dinas instansi dan pejabat FKPD yang ada di Sumsel.

Alex dalam sambutanya menjuga mengatakan penyelenggaraan Asian Games juga perlu dukungan seluruh pihak, agar dapat berlangsung sukses salah satunya telah dilaksanakannya pelatihan safety ridding oleh Polda ini,

“Driver Pejabat memang harus terlatih, kedepan jangan hanya bagi sopir pejabat VIP dan VVIP aja yang di beri pelatihan seperti ini juga termasuk sopir angkutan umum, bus kota dan sopir kendaraan pribadi jadi tidak ugal-ugalan dijalan sehingga Palembang akan menjadi kota tertib lalu lintasnya, jadi tidak malu nantinya,” ungkapnya saat penutupan Safety Riding  and Driving Escape VVIP/VIP Course 2017 Sumsel dilapangan udara TNI AU Palembang, Jumat (17/03).