Detak-Palembang.com PALEMBANG – Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang sekaligus Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel DR H Akhmad Najib SH MH resmi ditunjuk sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Palembang. Pelantikan serta penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri sebagai pejabat sementara dilakukan langsung Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Rabu (14/2), di Griya Agung Palembang.

Pada saat bersamaan juga dilantik Pjs Walikota Prabumulih, Pagaralam dan Lubuk Linggau, dan juga dilakukan penyerahan Surat Gubernur Sumsel tentang penunjukan Plt Bupati Ogan Komering Ilir, Lahat, dan Musi Banyuasin. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel Richard Cahyadi AP MSi  ditunjuk sebagai Pjs Walikota Prabumulih, Karo Otonomi Daerah dan Pemerintahan Sumsel Drs H Amsin Jauhari MSi sebagai Pjs Walikota Pagaralam, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sumsel Riki Junaidi AP MSi sebagai Pjs Wlaikota Lubuklinggau.

Pejabat sementara walikota memiliki wewenang memimpin pelaksanaan pemerintahan daerah dan memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat. Mereka juga mendapat tugas menyelenggarakan pilkada, serta memiliki wewenang melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

Pjs Walikota Palembang H Ahmad Najib mengungkapkan, dirinya siap menjalankan tugas yang diamanahkan serta menjaga kondusifitas Kota Palembang selama Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) berlangsung. Dirinya menjamin, pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik hingga masa berakhirnya tugas Pjs.

“Pelaksanaan Pilkada sudah ada aturannya, tugas kita hanya mengawal agar tetap terlaksana kondusif dan lancar,” ujarnya.

Dirinya mengajak seluruh pihak untuk komitmen menjaga kondisi Kota Palembang agar tetap zero conflict. Sebagai tuan rumah Asian Games, Kota Palembang akan menjadi sorotan 45 negara dari berbagai aspek.

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengapresiasi program Walikota H Harnojoyo yang luar biasa. Menurutnya, keberadaan Tugu Belido dan Kuliner malam di Lorong Basah merupakan terobosan yabg luar biasa.

“Terima kasih dengan Pak Harnojoyo. PJs Walikota jangan mau kalah sama Pak Harnojoyo,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan Pjs Walikota agat dapat menjaga netralitas ASN. Kondisi zero konflik di Sumatera Selatan hatus tetap terjaga untuk kemajuan daerah.

“Boleh kampanye dan saling kritik, tapi jangan saling hina. Jaga kondisi yang tetap kondusif bersama TNI dan Polri,” ujarnya.