Detak-Palembang.com PALEMBANG – Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak, segenap prajurit dari satuan jajaran Kodam II/Swj, selama 2 hari mulai tanggal 30 s.d 31 Agustus 2017 melaksanakan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) di lapangan tembak Batalyon Arhanudri 12/SBP Serong – Palembang.

Kegiatan latihan menembak senjata ringan ini merupakan bagian dari Program Kerja dan Anggaran Kodam II/Swj Triwulan – III TA. 2017.

Melalui kegiatan latihan menembak diharapkan prajurit Kodam II/Swj terjaga kemahirannya, walaupun  bertugas di satuan teritorial dan satuan Badan Administrasi (Banmin) ataupun Badan Pelaksana (Balak) Kodam sekalipun, semua prajurit dituntut untuk mahir dalam kemampuan menembak.

Latihan menembak Triwulan – III TA. 2017 bagi seluruh prajurit Bintara dan Tamtama menggunakan senjata laras panjang M16 A1 dan SS1, dengan tiga sikap yakni sikap tiarap, berlutut dan jongkok jarak 100 meter. Sedangkan Latihan menembak  Pistol FN 46 Kaliber 9 mm, yang diperuntukkan bagi Perwira dengan sikap berdiri menggunakan dua tangan jarak 15 meter.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan demi keamanan, sebelum pelaksanaan latihan dimulai, koordinator menembak mengingatkan kepada seluruh anggota agar  memperhatikan faktor keamanan dan mematuhi setiap prosedur tetap pengamanan yang sudah ditetapkan TNI AD, khususnya Kodam II/Swj.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam II/Swj Letnan Kolonel Inf Imanulhak, Rabu (30/8/2017) mengatakan bahwa, menembak merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit. “Untuk itu prajurit, secara terprogram melaksanakan latihan menembak, agar mahir,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pembinaan satuan yang sudah di programkan dari Komando Atas khususnya bidang Latihan. “Diharapkan latihan menembak yang terprogram ini dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan secara optimal,sehingga dapat tercapai kemahiran menembak setiap prajurit,” terangnya.