Detak-Palembang.com MUARADUA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Selatan, Sabtu (04/11) melantik 95 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di aula pemkab setempat.

Anggota PPK yang dilantik adalah 5 orang per kecamatan dari 19 kecamatan yang terpilih setelah mereka melalui serangkaian tes tertulis dan wawancara.

Anggota PPK yang terpilih ini disiapkan untuk melaksanakan tugas pada pemilukada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018 mendatang.

Dalam sambutan usai melantik secara resmi, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten OKU Selatan Hendri Daya Putra berpesan kepada anggota PPK yang baru saja dilantik untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

“Karena tugas PPK beda dengan tugasa-tugas kantor lainnya, tugas ini dituntut extra dalam usaha dan upaya,” jelas Hendri menambahkan.

Untuk itu pihaknya meminta dukungan kepada Bupati OKU Selatan yang berkesempatan hadir beserta jajarannya dalam pelaksanaannya, sehingga pemilihan gubernur dan wakil gubernur bisa berjalan dengan sukses, aman dan damai.

Karena beban tugas berat ada di pundak PPK, sekali lagi komisioner KPU yang sudah tiga kali terpilih ini  berharap agar mereka melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Wakapolres OKU Selatan Kompol. Budi Santoso yang datang mewakili kapolres berpesan agar anggota PPK nantinya bisa berlaku amanah dalam bertugas.

Pihaknya berharap kepada PPK, agar ada sinergitas dan kerjasama yang baik dengan kepolisian pada tahapan demi tahapan pilkada tahun depan.

“Yang apabila terjadi pelanggaran-pelanggaran atau temuan-temuan, kami pihak kepolisian hanya (sebagai -red) pendamping” ujar Budi menambahkan.

Kegiatan pelaksanaan pilkada tersebut kata dia, dituntut kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dengan menghilangkan ego masing-masing pihak, karena yang paling penting adalah untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Penting (untuk -red)  mengedepankan koordinasi sehingga mencegah konflik,” tegas Wakapolres.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo dalam sambutan dan pengarahannya kembali mengucapkan selamat bertugas kepada anggota PPK.

Bupati Popo berharap ke depan, anggota PPK dapat bekerjasama dengan pemkab, kecamatan, polsek maupun instansi yg lain.

Untuk permaslahan keamanan dalam pilkada, Popo menyatakan optimismenya.

“Alhamdullilah tidak ada yang perlu dikhawartirkan dari segi keamanan, karena saya nilai masyarakat OKU Selatan semakin hari sudah semakin mengerti (proses pilkada -red),” ujarnya bersyukur.

Tinggal pemerintah dan PPK lebih aktif bersosialisasi dan mengkomunikasikan tentang pilkada dan bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Silakan laksanakan tugas, jangan sungkan-sungkan berkoordinasi, mudah mudahan pelaksanaan pemilukada 2018 berjalan dengan baik,” harap bupati yang mantan anggota DPRD Provinsi Sumsel itu.

Usai acara pelantikan, anggota PPK langsung mendapatkan pembekalan untuk periasapan mereka dalam melaksanakan tahapan demi tahapan pilkada tahun 2018 mendatang.