Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komisi pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang secara resmk melantik 90 orang  Panita Pemilihan Kecamatan(PPK) se kota Palembang. Dengan pelantikan ini PPK diminta untuk dapat bekerja Secara profesional dan berintegritas dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 mendatang.

Demikian disampaikan ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU ) Kota Palembang Syarifudin, Kamis (09/11) usai Pelantikan dan pengambilan sumpah janji 90 anggota Panitia Pemilihan kecamatan(PPK) se kota Palembang Hotel Amaris jalan Demang Lebar Daun.

Berdasarkan Surat Kuputusan, Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang nomor : 080/PP.05.3-KPt/1671/KPU-Kot/XI/2017 perihal, penetapan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah secara serentak tahun 2018

Ketua KPU Kota Palembang, H. Syarifudin mengatakan, Kegiatan pelantikan PPK merupakan rangkaian kegiatan menjelang pemilihan Kepala Daerah serentak di tahun 2018


“Mulai hari saudara resmi menjadi menjadi anggota PPK. Tidak ada lagi yang memakai baju warna warni, semua harus putih. Bekerjalah sesuai dengan aturan yang berlaku,”ucap H. Syarifudin Ketua KPU Kota Palembang seusai melantik anggota PPK Se Kota Palembang, Kamis (9/11) di hotel Amaris.

Lebih lanjut diutarakannya, Tugas pertama yang harus dilaksanakan PPK adalah memilih Ketua dan anggota serta melakukan koordinasi bersama Camat setempat untuk Sekretariat

“Pilkada tidak akan berjalan dengan lancar, tampa bantuan semua pihak. Semoga pilkada serentak dapat berjalan dengan aman dan lancar,”himbaunya.

Menurut ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Syarifudin,  pelantikan ini salah satu rangkaian kegiatan pemilukada serentak. Jadi mulai hari ini anggota PPK tugas pertama mereka melakukan rapat pemilihan ketua PPK serta melakukan koordinasi kepada camat setempat untuk membuat sekertariat.

” Kami mohon kepada semua Camat untuk mendukung semua ini agar tugas anggota PPK ini bisa berjelan lancar dalam delapan bulan kedepan. Untuk anggota disetiap kecamatan ada lima orang yang bertugas,”katanya

KPU menekan kan kepada PPK, agar  dapat memberi yang terbaik dalam tahapan Pilkada dimulai dari Daftar pemilih yang sangat dibutuhkan.

“Daftar pemilih menjadi pokok dalam Pilkada, Daerah nanti dibantu IT dari KPU tentang sistem daftar pemilih(sidalih),  yang juga akan membantu IT Sekretariat PPK,”katanya

Syarifudin berharap PPK dapat bekerja penuh,  jika PPK bekerja setengah setengah maka akan membuat hancur Proses Pilkada.

“Mereka harus benar-benar fokus bekerja sebagai PPK jika bekerja setengah maka dipastikan akan hancur, “tegasnya

Sementara itu Komisioner KPU Kota Palembang Abdul Karim Nasution selaku Devisi Dan dan partisipasi masyarakat, mengatakan,   setelah mereka dilantik mereka akan melakukan  sosialisasi mulai dari pemutakhiran data pemilih dan sosialisasi pendaftaran pemilih dukungan perseorangan.

“Yang jelas KPU  Palembang berupaya menjadi yang terbaik dalam pengelolaan data DPT,  apa lagi Palembang memiliki data pemilih  paling banyak yakni 1 juta seratus ribu mata pilih ini berdasarkan data Pileg dan pilpres tahun sebelumnya. Hal ini dipastikan cenderung meningkat,”

Abdul Karim menambahkan,  pihaknya saat ini fokus dalam pendataaan bagi warga rusunawa.

“Rusunawa dan warga perbatasan yang saat ini status quo bisa dipastikan akan menjadi sumber trauble,  harus diselesaikan antara pemerintah daerah yang berinisiatif,”Singkatnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kota Palembang, Sulaiman Amin yang mewakili Walikota Palembang mengaturkan permohonan maaf, ketidak hadiran Walikota dan Wakil Walikota Palembang di karenakan ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan

“Pesan Pak Wali, Mari kita bersama sama mengawal pesta demokrasi sehingga dapat berjalan dengan jujur, aman dan tertib. Selamat kepada 90 orang PPK yang baru saja dilantik, semoga dapat menjalankan amanat yang telah diberikan,”Singkatnya.

Berikut nama nama PPK,