Detak-Palembang.com PALEMBANG – Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan sosialisasi dan kampanye terkait keberadaan Unhan di jajaran Kodam II/Swj. Kegiatan Sosialisasi yang diselenggarakan Kementrian Pertahanan (Kemenhan) RI ini diikuti sebanyak 86 Perwira dari satuan jajaran Kodam II/Swj yang dilangsungkan di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang, Kamis (14/12).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI A.M. Putranto, . Sos., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., menyampaikan bahwa Sosialisasi Capacity Building dan Studi Kawasan di wilayah Kodam  II/Swj  ini merupakan langkah positif dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Perwira TNI AD baik dari sisi Sumber Daya Manusia, kuantitas maupun kualitas, hal ini dapat dilihat dari sisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku.

“Melalui kegiatan Sosialisasi Capacity Building ini kemampuan para Perwira TNI diharapkan akan semakin meningkat. Dengan demikian maka pembangunan karakter Sumber Daya Manusia prajurit menjadi  hal mutlak yang harus dilakukan”, ungkapnya.

Sementara itu, menurut Rektor Universitas Pertahanan Letnan Jenderal TNI Dr. I Wayan Midhio, M. Phil., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Marsma TNI Siswo Pudjiatmoko, S.E., M.Si., (Han), selaku Ketua Tim Sosialisasi, menyampaikan bahwa, proses awal berdirinya Unhan ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi melalui Surat Mendiknas Nomor 29 / MPN / ot / 2009 tanggal 6 Maret 2019 perihal pendirian Unhan dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara.

Disampaikan juga bahwa, Visi Unhan adalah pada tahun 2024 menjadi Universitas Pertahanan berstandar  kelas dunia (World Class Defense University) dengan berbasis riset yang melestarikan nilai-nilai Identitas, Nasionalisme dan Integritas merupakan motto yang diusung Unhan.

Unhan mengkhususkan diri pada penyelenggaraan pendidikan studi pertahanan setingkat Magister atau Strata 2 dan saat ini telah terakreditasi secara Institusi “A” (unggul). Unhan memiliki  4 fakultas, yaitu Fakultas Startegi Pertahanan, Fakultas Managemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional dan Fakultas Teknologi Pertahanan.

Selain itu, sambung nya, Unhan juga memiliki beberapa Prodi kerjasama dengan Sesko TNI dan Sesko Angkatan untuk para Perwira Siswa yang sedang menempuh Pendidikan Reguler Sesko TNI dan Sesko Angkatan.

“Sampai dengan tahun ini, Unhan telah meluluskan alumni sejumlah 1.341orang. Saat ini, mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan dari angkatan IX Unhan berjumlah 244 orang dan Angkatan VIII berjumlah 224 orang sedang melaksanakan penelitian tesis dan akan diwisuda pada bulan April 2018”; ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi tersebut, Perwira Staf Ahli Pangdam Bidang Ideologi dan Perwira Staf Ahli Pangdam Bidang Sosial Budaya, Asrendam II/Swj, Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto, S.AB.,M.M., Katopdam II/Swj Kolonel Ctp Soehardjito, H.S.,M.Sc., Kakudam II/Swj Kolonel Cku Hariandi Fitriansyah, S.E., dan Kapuskodaldam II/Swj Letkol Inf Drs. Paiman.