Detak-Palembang.com MUARA ENIM – Kodam II/Swj menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Teknis Alih Golongan II Ke golongan III bagi PNS AD Kodam II/Swj TA. 2018. Diklat Teknis Alih golongan ini diikuti sebanyak 44 peserta terdiri dari para PNS TNI AD Golongan II yang berasal dari berbagai satuan di jajaran Kodam II/Swj.

44  Siswa telah berhasil menempuh pendidikan dan mendapatkan predikat “lulus” pada Diklat Teknis Alih Golongan yang berlangsung selama enam minggu, mulai 26 Februari 2018 dan ditutup pada tanggal 5 April 2018 lalu. Kabaglat Rindam II/Swj Kolonel Inf Rachmad, selaku inspektur upacara saat membuka Diklat tersebut, Senin (26/02/2018), di Aula Serba Guna Dodik Bela Negara Rindam II/Swj, Muara Enim.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos. dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kabaglat Rindam II/Swj Kolonel Inf Rachmad menjelaskan bahwa, sasaran kemampuan keluaran Diklat ini adalah merubah pola pikir, pola tindak dan pola sikap dari pelaksana menjadi manajerial, memiliki integritas kepribadian sebagai PNS yang bertanggung jawab terhadap tugas pokok satuan, memiliki kemampuan penerapan konsep,  teknik pengoperasian dan koordinasi dengan benar, baik dalam hubungan internal, maupun eksternal, mampu mengoperasionalkan sistem dan prosedur  kerja yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan dan tugas instansi, melaksanakan prinsip-prinsip Good Governance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan, mampu mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kewenangan dan prosedur yang berlaku di unit kerjanya.

Selain itu, Pangdam II/Swj juga menjelaskan bahwa lulusan Diklat alih golongan ini diharapkan memiliki keterampilan di bidang pengelolaan administrasi berbasis komputer dan teknologi, memberikan pelayanan yang bersifat protokoler maupun pelayanan publik dalam tata kelola pemerintahan yang baik serta dapat mengaplikasikan komunikasi yang efektif dalam melaksanakan koordinasi dan hubungan kerja sehingga dapat membangun kerja sama tim.

PNS Kodam II/Swj juga dituntut memiliki fisik yang sehat, kuat, bugar dan prima. Pada minggu terakhir selama Diklat yang dilaksanakan di Rindam II/Swj, Siswa Diklat Alih Golongan melaksanakan tes kesegaran jasmani tipe A, yaitu lari 2,4 KM, yang dipimpin langsung oleh Kepala Departemen Jasmani Militer Rindam II/Swj Mayor Inf Syarifudin Yahya.

Lebih lanjut Pangdam II/Swj juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Danrindam II/Swj beserta Staf, Gumil, Pembina dan Pelatih atas kesungguhan dan dedikasinya dalam menyelenggarakan Diklat Alih Golongan, sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman dan mencapai sasaran yang diharapkan.

Upacara penutupan Diklat ini dihadiri para Kabag, para Kadep, para Kasi, Komandan/Wakil Komandan Dodik Bela Negara serta para Gumil/Pelatih jajaran Rindam II/Swj.