Detak Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka HUT Ke-71 Persit Kartika Chandra kirana & HUT Ke-53 Dharma Pertiwi TA. 2017, sebanyak 336  istri prajurit TNI yang terdiri dari Ibu-ibu Persit (Istri prajurit TNI AD), Ibu-ibu Jalasenatri (Istri Prajurit TNI AL) dan Ibu-ibu PIA Ardhya Garini (Istri prajurit TNI AU), menerima ceramah Etika Memamfaatkan Media Sosial dan Mewaspadai Bahaya Narkoba, Senin (20/3) bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj, Palembang.

Ketua Persit KCK PD II/Swj, Ny. Lucy Sudirman mengatakan bahwa, diadakannya kegiatan ceramah Etika Memanfaatkan Media Sosial dan Mewaspadai Bahaya Narkoba bagi istri-istri prajurit ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Ke-71 Persit KCK dan HUT Ke-53 Dharma Pertiwi.

Dikatakan Ny. Lucy, bahwa sebagai seorang istri dari anggota TNI AD yang tergabung dalam organisasi Persit KCK, kita harus bijak dan cerdas dalam menggunakan dan memanfaatkan penggunaan Media Sosial. “Media Sosial saat ini telah menjelma menjadi suatu gaya hidup dan kebutuhan vital bagi semua orang, terutama anak muda,” ungkapnya.

Sebagai orang tua, sambung Ny. Lucy, kita harus aktif memantau anak-anak kita dalam berinteraksi dengan media sosial. “Jangan biarkan anak-anak kita terjebak dalam hal negatif akibat dari perkembangan teknologi, khususnya Medsos seperti ikut menyebarluaskan ujaran kebencian, permusuhan maupun radikalisme.,” ujarnya.

“Cerdas dan bijak menggunakan Sosial Media/internet harus kita tanamkan pada putra-putri tercinta. Berikan pengawasan, pengertian dan iman yang kuat kepada anak-anak kita supaya tidak mudah terbawa ke hal-hal yang negatif seiring dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini,”tuturnya .

Sementara itu, Bapak Dr. Bastian Jabir Pattara sebagai Narasumber menyampaikan bahwa, penggunaan medsos di era zaman sekarang ini, kita harus tegas,dalam arti kata harus bisa memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk terhadap keluarga kita, mana yang pantas kita liat dan mana yang tidak layak kita lihat.

“Gunakan medsos yang ada faedahnya yang berguna buat diri kita dan anak-anak. Dan kita harus  mengerti tentang bahaya narkoba karena narkoba sangat bahaya dan mengancam bangsa negara khususnya terhadap para pemuda.dan pemudi sekarang ini,” ungkapnya.

“Untuk itu berikanlah contoh yang baik kepada keluarga terhadap anak, doakan keluarga kita semoga jauh dari berbuat yang hina, pendidikan anak adalah tanggung jawab kita,” tuturnya.

Dari semua yang disampaikan oleh para narasumber dapat disimpulkan bahwa penggunaan maupun pemanfaatan media sosial tetap harus berpedoman pada kaidah-kaidah dan norma-norma kepatutan sebagai istri prajurit TNI dan memahami tentang Undang-Undang ITE.