Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dari 66 peserta yang mengikuti seleksi, sebanyak 26 Calon Taruna Akademi Militer (Akmil) yang berasal dari wilayah Sumbagsel dinyatakan lulus seleksi pada pemeriksaan/pengujian tingkat Panitia Daerah (Panda), dan selanjutnya akan dikirim untuk mengikuti seleksi tingkat pusat, yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli s.d 2 Agustus 2018 mendatang, di Pussenif Kodiklat TNI AD.

Pemilihan 26 Catar Akmil tersebut diputuskan dalam Sidang Pemilihan Catar Akmil TA. 2018 yang digelar di Gedung Sudirman Makodam II/Swj, Palembang, Kamis (5/7/2018). Sidang pemilihan Catar Akmil ini dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., didampingi Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han).

Untuk diketahui bahwa rangkaian pelaksanaan Pemeriksaan dan Pengujian penerimaan Taruna Akmil Sumber Umum/ Reguler TA. 2018 Tingkat Panda Kodam II/Swj telah dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni s.d. 2 Juli 2018 dengan tidak menggunakan sistem gugur.

Adapun animo pendaftar di Panda/Sub Panda berjumlah 271 orang dari alokasi yang direncanakan 280 orang. Untuk peserta yang mengikuti seleksi Pemeriksaan dan Pengujian Tingkat Panda sejumlah 66 orang. Sedangkan alokasi pendidikan pertama Taruna Akmil Panda Kodam II/Swj sejumlah 14 orang.

Dalam sidang tersebut, kepada seluruh Panitia seleksi dan pihak terkait, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., menegaskan agar mampu melakukan proses seleksi secara optimal, teliti dan bisa dipertanggungjawabkan, dengan pedoman utama norma atau ketentuan yang telah ditetapkan.

Pangdam juga mengingatkan, dalam seleksi tersebut TNI AD memiliki standard baku dan persyaratan dalam penerimaan calon prajurit TNI yang harus dipedomani dan dilaksanakan secara konsisten, objektif dan transparan sesuai ketentuan yang berlaku.

Turut hadir dalam sidang tersebut, Asintel Kasdam II/Swj Kolonel Inf  Ramces Alboin, S.Pd., Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Andre Saputro, Aspers Kasdam II/Swj Kolonel Inf  Ardianto, S.I.P., Kaajendam II/Swj Kolonel Caj Yadi Nurfendi, S. Sos., M. Si., M.I.Pol., Kakesdam II/Swj Kolonel Ckm dr. Eko Kuswandono, Kajasdam II/Swj Kolonel Inf M. Arif Suryandaru danTim Panitia Pusat dari Mabesad dipimpin Kolonel Kav Taufik. S.