Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman

Detak-Palembang.com – Batalnya Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) INORGA KORMI Palembang bertanding di FORNAS ke-VI dilantai dansa OPI Mall Jakabaring, dijawab oleh KORMI Nasional atau KORMINAS.

Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) KORMI Nasional (KORMINAS) Hayono Isman saat Press Conference Closing Ceremony FORNAS di Gedung Sport Science lantai 2 kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC), Rabu (6/7/22).

Press Conference Closing Ceremony FORNAS

“Jawabannya adalah kelima pegiat ILDI INORGA KORMI Palembang yang tidak bertanding itu, akan tampil pada Closing Ceremony FORNAS malam nanti,”kata Hayono Isman

Dia menuturkan, hal itu karena sangat perihatin kepada lima pegiat telah berlatih mempersiapkan diri dan kostum.

“Kami juga kasihan kepada mereka yang telah berlatih mempersiapkan kostum tidak bisa tampil di FORNAS. Makanya kita berikan jawaban mereka akan tampil di penutupan Closing Ceremony FORNAS,”jelasnya lagi

Ditanyakan terkait pencoretan KORMINAS enggan menjawab dan memberikan ketegasan soal adanya indikasi sikap arogansi tersebut. Dia menjawab itu permasalahan internal INORGA.

“Kalau laporan saya tau, itu dicoret karena telat mendaftar. Kalau selebihnya itu permasalahan internal,”ucapnya

Disinggung terkait pelaksanaan FORNAS yang notabene event yang menitik beratkan kepada promosi destinasi pariwisata di lokasi penyelenggaraan.

Artinya FORNAS bukan menitikberatkan kepada prestasi! Dengan roh olahraga masyarakat, berbasis olahraga hobi, olahraga fun dan olahraga kuno etnis untuk melestarikan kebudayaan serta ajang silaturahmi.

Menyikapi semua konsep itu, saat ditanyakan apakah pegiat atau atlet tampil di FORNAS, sama seperti pelaksanaan PON harus melalui seleksi daerah atau Pelatda PON?

“FORNAS tidak ada seleksi seperti PON! Tidak ada seleksi,”pungkasnya