Detak-Palembang.com – JAKARTA , Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Putra Indonesia berhasil merebut emas di SEA Games 2021 di Vietnam setelah mengalahkan juara bertahan Filipina di final. Kemenangan ini membuat Indonesia mengukir sejarah baru di ajang SEA Games 2021.

Kemenangan ini kemudian mendapat sambutan meriah dan rasa syukur dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Lewat unggahan di media sosial instagram pribadinya @erickthohir mengaku bangga dengan perjuangan para pemain yang telah membuat sejarah baru bagi Indonesia.

“Tidak ada kata yang dapat terucap selain bersyukur, bersyukur bersyukur. Bangga basket Indonesia juara! Kemenangan ini untukmu Indonesia,” kata Erick Thohir yang dikutip pada, Senin (23/5).

Erick Thohir dan Derrick Michael.

Erick yang juga Anggota Dewan Pusat Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) ini juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu Timnas Basket Putra untuk mengukir sejarah di SEA Games 2021 dengan meraih emas. Salah satu kebanggan atas prestasi ini adalah Timnas Indonesia mampu memutus trend positif Filipina yang meraih emas di SEA Games 13 kali beruntun.

“Kepada Seluruh Individu dan institusi, terima kasih untuk percaya dan dorong prestasi Bola Basket Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, pemain Timnas Basket Putra Indonesia Derrick Michael terlihat bahagia usai mengalahkan juara bertahan Filipina di partai final. Pemain jangkung ini kemudian mengaku persembahkan juara buat masyarakat Indonesia.

“Saya persembahkan gold medal ini buat seluruh rakyat Indonesia,” ujar Derrick Michael.

Derrick Michael juga mengapresiasi kepedulian Menteri BUMN Erick Thohir kepada olahraga basket di Indonesia. Menurut Derrick, Erick Thohir selalu memberikan support tinggi kepada tim basket Indonesia. “Dan terima kasih buat Pak Erick Thohir yang selalu support basket Indonesia,” jelasnya.

Diketahui, Timnas Basket Putra Indonesia untuk pertama kali dalam sejarah sejak 1977 merebut medali emas usai mengalahkan langganan juara Filipina, Minggu (22/5/2022) sore WIB. Pada laga terakhir bola basket putra SEA Games 2021, Indonesia menang 85-81 di Tranh Tri Gymnasium.

Kedua tim sebelumnya sama-sama tak terkalahkan sehingga laga terakhir menjadi penentu peraih medali emas. Dengan kemenangan ini, Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun.

Sebelumnya prestasi terbaik Indonesia di basket putra SEA Games hanya medali perak. Filipina sudah 18 kali merebut emas. Sejak SEA Games 1991, Filipina selalu mendapat emas.

Sebelum SEA Games 2021, hanya Malaysia yang sempat dua kali menghentikan kedigdayaan Filipina. (***)