Detak-Palembang.com MUARADUA – Bupati Ogan Komering Ulu  Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., didampingi Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) X Tahun 2022 tingkat Kabupaten OKU Selatan, Selasa (15/03/2022) malam, di Masjid Agung Al Muhtadin Muaradua.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan kegiatan tahunan  untuk mencari peserta terbaik yang diikutsertakan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Sumatra Selatan, yang akan dilaksanakan di Palembang pada bulan Mei Tahun 2022.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana, Ruswani S.P., M.M., menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT di kalangan Masyarakat, meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai Al-qur’anul Karim, menumbuhkan ukhuwah islamiyah antara peserta, masyarakat dan pemerintah.

“Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten  merupakan agenda tahunan, mencari peserta terbaik yang akan dilombakan di Palembang tingkat Provinsi Sumatra Selatan,” ujarnya.

Cabang Tilawah Al-Qur’an ini, lanjutnya, terdiri dari golongan tartil, golongan anak, remaja, dan dewasa. Cabang Hifdzil Qur’an putra/puti satu Juz dan Tilawah, cabang fahmil Qur’an, dan cabang syarhil Qur’an.

Dikatakannya juga, jumlah Dewan Hakim yang akan bertugas menjadi juri dalam kegiatan ini berjumlah 25 Orang, Koordinator Dewan Hakim satu orang, Sekretaris Dewan Hakim satu orang, Panitera dua orang. “Kegiatan ini dilaksanakan hari ini, penutupan hari sabtu tanggal 19 maret 2022, kegiatan ini melibatkan Dinkes, Satgas COVID-19, Satpol PP, Kemenag, Pengurus Masjid Agung Al Muhtadin Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, demikian yang dapat kami laporkan, terimakasih,” ungkapnya.

Bupati Popo Ali yang dalam kesempatan yang sama juga melantik para dewan hakim mengungkapkan, agar banyak bersyukur di situasi pandemi COVID-19, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan. Hanya saja, dia mengingatkan agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan sehingga terhindar dari dari penularan COVID-19 dan mencegah munculnya klaster penularan baru.

“Mudah-mudahan dengan do’a kita bersama COVID-19 semakin surut dan hilang, dengan terselenggaranya MTQ ini kita yakin kepada Allah SWT kabupaten kita aman damai sejahtera serta dilindungi Allah SWT,” ujar Bupati.

Menurutnya, salah satu yang menjadi tujuan dalam kegiatan ini adalah prestasi. Namun ada hal lain yang lebih penting yaitu menumbuhkan nilai-nilai islami, membumikan Al-Quran sebagai pedoman hidup dan kepribadian masyarakat OKU Selatan.

“Harapan kita bersama peserta terbaik nanti akan mendapatkan prestasi tingkat Provinsi, Nasional, insyallah di tingkat Internasional, tentunya akan membawa baik nama daerah. Saya mengapresiasi kerja keras panitia semua, saya yakin persiapan itu sudah dilakukan semaksimal mungkin, saya mohon jajaran pejabat pemerintah kita evalusi terus, agar MTQ bisa diminati banyak orang dan membumi di masyarakat Serasan Seandanan,” katanya. 

“Untuk peserta dan official selamat datang, dan ikuti kegiatan ini dengan baik penuh sportifitas, jadikan momen ini sebagai tolok ukur menguji kemampuan diri sendiri, untuk dinas terkait saya mohon untuk dapat memenuhi kebutuhan acara ini sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Unsur FKPD, Sekda OKU Selatan, Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Kepala Kantor Kemenag OKU Selatan, MUI Kabupaten, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, MT Arraudah, Kades/ Lurah se Kecamatan Muaradua, Kepala KUA, Ikatan Remaja Masjid, Penyuluh Agama, DPD forpess Muhammadiyah, NU dan tamu undangan lainnya. *