Detak-Palembang.com BATURAJA – PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Dengan Tim Teknis Provinsi Sumsel, Bertempat di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU. Selasa, (11/01/2022).

PLH Bupati OKU Mengatakan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan pada prinsipnya mengajak masyarakat untuk produktif dalam menghasilkan pangan di pekarangan rumah. Ini sebagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan. Gerakan ini utamanya mengubah pola fikir masyarakat dari konsumsi ke produksi pangan.

Edward Candra mengharapkan agar semua pihak terlibat dalam GSMP ini untuk mensukseskan pelaksanaan Program Sumsel Mandiri Pangan, dimana program ini adalah salah satu program prioritas dari Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang harus kita dukung dan kita sukseskan bersama-sama. Ia mengapresiasi dan mendukung kegiatan sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini.

Bidang pertanian dan ketahanan pangan menjadi hal yang paling utama untuk diperhatikan, karena jika pertanian dan ketahanan pangan tercukupi maka kesejahteraan masyarakat berangsur meningkat dan dapat menekan tingkat kemiskinan di Kabupaten OKU.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel Widada Sutisna, Dalam paparannya mengatakan kemandirian pangan Sumsel di mulai dari kemandirian pangan tingkat rumah tangga yang menjadi

sasaran rumah tangga non miskin dan rumah tangga miskin. Untuk Keberhasilan program ini diharapkan penerima manfaat agar dapat merubah mindset pola fikir dari pembeli menjadi penghasil.

GSMP ini melibatkan TP PKK, Karang Taruna, Pemerintah dan BUMN/BUMD, perusahaan swasta dan organisasi lainnya.

Adapun yang harus dilakukan oleh keluarga dalam melaksanakan program GSMP yaitu pemanfaatan pekarangan untuk menghasilkan sayur, buah segar, ikan, telur dan daging ayam.

Sedangkan mekanisme penyaluran bantuan distribusi bantuan yaitu dari Provinsi ke Kabupaten dan Kota selanjutnya Kabupaten/Kota mendistribusikan bantuan ke lokasi kecamatan dan desa. Waktu distribusi sarana prasarana drum dan aerator dari Provinsi dan Kabupaten direncanakan mulai 17 sampai 20 Januari 2022.

Paket bantuan yang akan diberikan yaitu benih ikan, pakan ikan, drum tong dan aerator, planter bag, bibit sayur, bibit buah, leaflet budidaya ikan lele dan budidaya sayur serta stiker GSMP.

Pemilihan calon desa GSMP adalah 15 desa cantik BPS, desa binaan OPD, desa binaan PKK, dan desa stunting. Untuk di Kabupaten OKU terpilih 5 desa mendapat bantuan dari GSMP yaitu desa Gunung Kuripan, desa Lubuk Rukam, desa Lubuk Batang Baru, desa Batu Marta I, dan desa Saung Naga tersebar di 5 kecamatan dengan penerima 100 KK.