Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengukuhkan dan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Daerah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Se-Sumatera Selatan Semester I Tahun 2022.(Palembang, Selasa 25/01/2022)

Dalam sambutannya HD mengatakan bahwa saat ini Sumatera Selatan berkomitmen untuk mempercepat akses keuangan daerah meskipun pada angka inklusi dan literasi Prov. Sumsel sudah diatas nasional, tetapi jika dicermati masyarakat yang sudah mengakses keuangan di perbankan rata-rata masih kategori Pasif.

“Harapan Saya untuk Sekda dari 17 Kabupaten dan Kota, dalam hal ini TPAKD D terkait dapat bekerja sama dengan semua pihak agar masyarakat yang tadinya tidak paham terhadap manfaat menjadi nasabah perbankan menjadi paham dan yang tadinya masyarakat masih pasif terhadap kredit menjadi paham dan bank-able” ujar HD

HD menginginkan untuk lebih mempertajam tentang ketergantungan masyarakat terhadap dunia perbankan dengan target masyarakat bisa hidup nyaman dan aman dalam bertransaksi di perbankan serta masyarakat tidak lagi terbentur dengan persoalan permodalan khususnya IKM dan UMKM.

“IKM dan UMKM tidak mungkin bisa berjalan dengan sendiri, sehingga menjadi tanggung jawab moril pemimpin daerah untuk memperbaiki ekonomi masyarakat.
Saya berharap 17Kab/Kota dapat sering berkomunikasi dan berkoodinasi yang berkaitan dengan TPKAD” tutup HD

Kepala OJK Kantor Regional 7 wilayah Sumbagsel, Untung Nugroho dalam sambutannya melaporkan sektor ekonomi dan keuangan saat ini dalam proses pemulihan.

“Arahan presiden agar panangan pandemi yang baik dijadikan momentum untuk membangkitkan para pelaku usaha dalam melakukan aktivitas ekonomi” Ujar Untung

Turut Hadir Ketua DPRD Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati, SH., MH., Sekda Prov. Sumsel, Ir. S.A Supriyono, Forkopimda Prov. Sumsel, Bupati Walikota Prov. Sumsel dan Sekda Kabupaten/Kota di Prov.Sumsel.