Detak-Palembang.com – Palembang , Gotong Royong (Goro)  Walikota Palembang H.Harnojoyo, Minggu (23/1/2022) pagi, di sepanjang Sekanak Lambidaro menjadi gotong royong spesial.

Pasalnya gotong royong dikawasan yang akan menjadi spot baru destinasi wisata di kota tertua di Indonesia ini langsung diikuti Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru dan Gubernur  Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Terlihat dialiran sungai Sekanak Lambidaro ini, Walikota Palembang H.Harnojoyo, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Gubemur Jateng Ganjar Pranowo satu perahu  menjajal naik perahu nelayan untuk menyusuri Sekanak Lambidaro.

“Ini gotong royong spesial, langsung dihadir sebagai Ketua  Umum PP Kagama yang juga Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar, dan Gubernur kita Herman Deru,” kata Harnojoyo.

Dikatakan Harnojoyo, Sungai Sekanak yang pertama kali menjadi kawasan Goro yang digagasnya tahun 2015 lalu, kini bisa dimanfaatkan warga Kota Palembang untuk spot baru wisata, terlebih tidak lama lagi, Sungai Sekanak yang dulunya menjadi jalur transportasi  sungai dan urat nadi perekonomian warga ini, akan kembali dihidupkan sebagaimana mestinya.

“Kita minta masyarakat untuk menjaga sungai ini, pada saatnya nanti akan menjadi jalur transportasi sungai  dan wisata baru di Kota Palembang,” katanya.

Jalan Radial sebagai etalase kota ini, kata Harnojoyo tidak akan lagi terlihat dan kesan kumuhnya yang terlihat, melainkan keindahannya dan tata krama masyarakatnya yang akan ditonjolkan.

“Alhamdulilah sekarang wajah Sungai Sekanak sudah bagus,” jelasnya.

Untuk mempromosikan dan menggaung wisata Sekanak Lambidaro ini, kata orang nomor satu di kota Palembang, dalam waktu dekat, Pemkot Palembang akan menggelar festival Sekanak Lambidaro.

Untuk menambah kemeriahan Sekanak Lambidaro ini pula, Harnojoyo akan menjadikan kawasan ekonomi terpadu pada setiap akhir pekannya.

“Nanti Pedistrian Sudirman yang biasa digelar setiap.malam minggu akan kita pindahkan ke Jalan Radial ini, mulai dari lampu merah simpang empat Palembang Indah Mall (Mal) sampai ke simpang pasar 26 ilir (Mie Celor),” jelasnya.

Diakui Harnojoyo, restorasi Sungai Sekanak Lambidaro memang belum sepenuhnya diselesiakan dari 11 Km baru 2 Km yang selesai dibangun.

“Sisanya 9 Km lagi, akan kita kejarkan penyelesaian pengerjaannya,” tegasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuji Walikota Palembang H.Harnojoyo yang berhasil membangun spirit warga Palembang dan jajarannya.

“Ini suatu spirit yang luar biasa, Gotong royong yang digagas Walikotanya sejak tahun 2015 memberikan hasil yang fositif,” katanya.

Ganjar yang sebelumnya gowes kota Palembang ini, sengaja ingin mengikuti gotong royong Harnojoyo, bahkan dirinya mengaku goro yang digalakan di Palembang ini akan diterapkannya di Jawa Tengah.

“Jawa Tengah akan belajar nih di Palembang, saya tidak tahu masa lalunya sungai di Palembang yang saya ketahui kondisinya sekarang sangat bagus,” tegasnya.

Kata Ganjar, dirinya sangat mengapresiasi jajaran Pemkot Palembang yang konsentrasi akan merubah wajah sungainya.

“Kita pernah buat kongres Sungai berapa tahun lali, dan teman teman dari Palembang paling antusias dan hasilnya bisa terlihat, terlebih bersama balai sungainya ada sekolah dan posko sungai,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan, perubahan sungai yang digagas Harnojoyo patut diapresiasi, tinggal bagaimana menumbuhkan kecintaan warga Palembang mencintai sungai dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“ Saya rasa tidak ada yang kurang dan cukup bagus, nah sekarang bagaimana cara menumbuhkan kecintaan warga kita saja akan kebersihan sungai,” jelasnya.(za)