Detak-Palembang.com – Palembang Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meresmikan Posyandu Sako Baru Jaya, di Kelurahan Sako Baru, Kecamatan Sako, Selasa (25/1/2022).

Posyandu ini didirikan dari ide dan dana swadaya masyarakat setempat. Hal ini sangat menarik perhatian dan diapresiasi Wawako Fitrianti.

“Saya sangat bangga sekali. Karena posyandu tersebut berasal dari ide masyarakat, kemudian memanfaatkan lahan yang tidak berfungsi untuk digunakan sebagai Posyandu. Tidak hanya itu, bangunan tersebut berasal berasal dari dana swadaya masyarakat sekitar. Dan kegiatan posyandu sudah berjalan 1 tahun lalu,” ujar Fitrianti.

Menurut dia, selain puskesmas, posyandu adalah garda terdepan dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat. Khususnya balita dan anak-anak. Informasi-informasi dan sosialiasi kesehatan juga dimulai dari posyandu dan puskesmas. Seperti informasi stunting, vaksinasi dan lainnya.

“Kalau kekurangan tentunya masih ada. Maka dari itu perlu adanya bantuan untuk menjadikan posyandu ini lebih baik,” kata Fitrianti.

Ia menambahkan, di Palembang saat ada 930 posyandu, yang tersebar di 18 kecamatan dan 107 kelurahan.

“Semakin banyak posyandu tentunya semakin baik, ya. Semakin banyak dan semakin cepat masyarakat dapat pelayanan dan penanganan kesehatan. Harapan kita, adanya pendirian posyandu secara swadaya ini bisa dicontoh warga, komunitas maupun posyandu,” ujar Fitrianti.

Ia melanjutkan, Pemkot Palembang terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Sekarang sekitar 96 persen dari 1,6 juta jiwa yang sudah mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).” (*)