Detak-Palembang.com – Palembang , Pembangunan sungai sekanak lambidaro sepanjang 800 meter sudah mencapai 92 persen, yang melingkupi sungai dari titik jerambah karang sampai jembatan Palembang indah mall dengan revitalisasi sungai sekanak yang mengalir melalui daerah rusunawa kelurahan 24 ilir.

“Progres sudah 92 persen target kita samlai ahir tahun itu 100 persen, sehingga pada januari nanti bisa di launching sama pak wali,”kata Asisten II Ansori saat melakukan peninjauan progres pembangunan Sungai sekanak lambidaro,selasa (30/11/2021).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Maryadi Utama mengatakan bahwa masalah terbesar restorasi sebuah sungai Sekanak lambidaro dikhawatirkan akan dalam perawatannya, untuk itu akan bentuk suatu komunitas agar kawasan ini tetap terjaga.

“Akan ada nanti namanya masalah non-struktural yang mencangkup perawatan, pembersihan, pemberdayaan warga sekitar dan komunitas agar sungai ini terus bersih dan tidak kumuh,” ucap Maryadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Palembang, Bastari Yusak mengatakan kawasan sungai Sekanak lambidaro akan dijadikan Sudirman street pusat wisata wong Palembang pada malam hari.

“Sudirman street akan dipindahkan ke sekanak walk yang sedang dalam pembangunan. Desember insyaallah selesai dan januari sudah bisa digunakan selama ini kita ada sudirman street, sudirman walk akan kita pindahkan ke sekanak walk yang akan menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat kota Palembang,” katanya.

Ia menghimbau agar masyarakat turut menjaga kawasan ini terutama agar tidak membuang sampah sembarang karena tempat ini akan nanti akan menambah pertumbuhan ekonomi di Palembang.

“Kita akan mengedukasi masyarakat untuk tidak merusak kawasan dan infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah untuk kita jaga dan pelihara sama-sama, kita nikmati bersama demi kenyamanan masyarakat bersama. Kedepannya banjir berkurang, kawasan hijau didapat serta memajukan ekonomi dan pariwisata kota Palembang,” ungkapnya.