Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru (HD) meresmikan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) tahun 2021 guna mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga berkelanjutan di Pelataran Plaza Sungai Lematang, Kabupaten Lahat, Kamis (2/12/2021).

Peresmian GSMP yang diikuti 17 kabupaten/kota di Sumsel ini bertujuan untuk menunjang pemulihan ekonomi dan efek menambah penghasilan masyarakat secara berkesinambungan dan akan terus dievaluasi.

Menurut HD, untuk mencapai tujuan tersebut melalui pengembangan ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya secara berkelanjutan dan diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat dari konsumen menjadi produsen.

Setelah launching ini dalam 6 bulan kedepan sudah bisa melakukan evaluasi dengan bagaimana penurunan angka tingkat pengeluaran dalam sebuah keluarga..

“Saya instruksikan kepada seluruh pengelola CSR dengan programnya ditahun 2022 kedepan harus bertindak kongkrit terhadap Sumsel Mandiri Pangan. Target kita paling tidak kita bisa melepas kebutuhan produk pangan yang dikirim dari luar yang sangat mempengaruhi inflasi,” tegasnya.

Bupati Lahat, H. Cik Ujang menyampaikan bahwa Pemkab lahat siap mendukung program GSMP karena Kabupaten Lahat ini memiliki perkebunan milik masyarakat yang cukup banyak.

Sementara itu, Ketua Pelaksana GSMP yang juga Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel, Ekowati Retnaningsih mengatakan, GSMP ini merupakan ide cemerlang dari Gubernur Sumsel H. Herman Deru, melengkapi pogram TP PKK Sumsel dalam mensejahterakan keluarga. Kemudian melibatkan seluruh stakeholder.

Pada kesempatan itu dilakukan juga penyerahan bantuan program CSR 400 ekor sapi, budidaya tanaman 2.500 bibit, paket budidaya ikan 85.000 bibit dan pakrt budidaya unggas 3.500 ekor secara simbolis.

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru, Ketua KORMI Sumsel, Hj Samantha Tivani B.Bus, MIB., Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin, serta para kepala OPD Provinsi Sumsel.