Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ikan Belida atau lebih dikenal Iwak Belido merupakan maskot Palembang habitatnya kini mulai berkurang. Bahkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan (Kepmen KP) Nomor 1 tahun 2021 ikan dilindungi dan dilarang untuk ditangkap.

Namun Jhony satu-satunya di Palembang berhasil membudidayakan ikan belida di rumah dikawasan Karang anyar – Gandus .

Berdasarkan ceritanya kepada Detak-Palembang.com dia telah mempunyai 500 ikan Belida dan memiliki bibit beni ikan.

“Saya berhasil membudidayakan ikan Belida. Mungkin saya satu-satunya orang di Palembang membudidayakan ikan belida langkah ini,”katanya Jumat (29/10/2021).

Dia berharap hasil kerjanya ini bisa dimaksimalkan dengan bantuan , atau ada investor baik dari pihak swasta atau pemerintah yg mau bekerjasama dalam budidaya ikan belida ini . Yang tentunya selain mampu melindungi kepunahan Ikan asli Palembang ini juga melestarikan Ikan Belida bahan unggulan pembuatan pempek.

“Ini nomor telepon saya 081273988080 apabila ada investor yang berminat bekerjasama untuk membudidayakan ikan belida bersama-sama,”jelasnya

Ditanya bagaimana awalnya Johny bisa menjadi pembudidaya ikan belida. Dia bercerita 5 tahun silam melihat ada penjual belida di pasar ikan hias kawasan Pasar Burung 16 Ilir.

“Saya memang suka ikan langkah dan ikan hias. Lima tahun lalu lihat jual ikan belida di pasar burung. Lalu saya beli dan peliharaan di Aquarium,”ucapnya.

Selanjutnya dari empat ikan belida yang dibelinya semakin besar. Jhony kemudian memindahkan ke kolam.

“Dalam kolam selama tiga tahun ternyata didalam kolam banyak anak-anak. Kemudian saya pisahkan sekarang semua sudah besar-besar. Sekarang saya punya ikan belida sebanyak 500 ekor dengan berat 0.5 kg sampai 1 kg ” pungkasnya