Penyerahan tabung gas dan regulator oleh SKK Migas - KKKS Sumsel ke Pemprov Sumsel (Dok. Humas SKK Migas / Detak-Palembang.com)
Penyerahan tabung gas dan regulator oleh SKK Migas – KKKS Sumsel ke Pemprov Sumsel (Dok. Humas SKK Migas / Detak-Palembang.com)

Detak-Palembang.com, PALEMBANG – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Medco E&P Indonesia (Medco E&P), kembali menggelar aksi sosial.

Yaitu menyalurkan bantuan dalam upaya penanganan Pandemi COVID-19, berupa 50 unit tabung oksigen dan 50 unit regulator, ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan didampingi Manager Community Relation & Enhancement Medco E&P Hirmawan Eko Prabowo, menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel Mawardi Yahya, di Auditorium Graha Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumsel, Palembang, Senin, (16/8/2021).

VP Relations & Security KKKS Medco E&P Indonesia Arif Rinaldi mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian SKK Migas Sumbagsel-KKKS Medco E&P, terhadap kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di Sumsel.

Dia berharap, bantuan tersebut bermanfaat bagi rumah-rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 di Palembang.

“Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, dalam pemenuhan kebetuhan energi migas yang beroperasi di wilayah ini, kami selalu berupaya untuk membantu terutama dalam masa sulit seperti saat ini. Semoga bantuan ini dapat membantu masyarakat dalam menghadapi COVID-19,” katanya.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan menuturkan, bantuan tersebut adalah komiten SKK Migas dan KKKS dalam penanganan wabah COVID-19.

Selain mendukung gerakan pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) bagi seluruh pekerja hulu migas, SKK Migas dan KKKS, juga aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk turut melakukan usaha memutus rantai penyebaran Covid-19.

Yakni melalui webinar dan publikasi informasi di media- media, serta memberikan bantuan-bantuan berupa bahan pokok dan alat kesehatan kepada masyarakat secara langsung di wilayah operasional.

“Bantuan ini sebagai tindak lanjut dari surat Gubernur Sumsel, terkait fasilitasi suplai oksigen, untuk rumah sakit yang kami terima, pada tanggal 30 Juli 2021 lalu,” ujarnya.

“Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian industri hulu migas, terhadap upaya penanganan pandemi Covid-19 ini,” katanya.
Selain di Sumsel, SKK Migas secara nasional bersama KKKS juga memberikan bantuan oksigen ke beberapa daerah yang membutuhkan, terutama di sekitar wilayah operasi hulu migas.

Wagub Sumsel Mawardi Yahya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada SKK Migas dan KKKS.

Terutama bantuan yang diberikan kepada Pemprov Sumsel dan khususnya untuk masyarakat Sumsel.

Dia mengharapkan, SKK Migas dan KKKS juga dapat mengupayakan agar tetap memberikan dukungan dan kontribusi terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel.

Serta dapat melakukan koordinasi lebih lanjut, kepada pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, terkait kebutuhan yang dapat diupayakan dipenuhi oleh industri hulu migas di Sumsel.